Berpuasa tapi Meninggalkan Shalat Wajib


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ada kaitannya tidak jika melaksanakan puasa Ramadhan, tapi meninggalkan shalat wajib lima waktu, berdosa atau tidak ?

MA Shoim

Jawaban :

Allah itu Mahaadil, Allah tidak akan menyia-nyiakan amalan hamba-Nya. Sekecil apa pun hamba itu melakukan kebajikan, pasti Allah akan memberikan pahalanya ( QS Luqman [31]: 16 ). Orang yang melaksanakan puasa, tetapi tidak melaksanakan shalat, dia tetap mendapatkan pahala puasanya selama melakukannya dengan ikhlas karena Allah.

Kalau ada orang yang bisa melaksanakan kewajiban berpuasa, tetapi tidak melaksanakan kewajiban shalat, berarti kadar imannya belum sempurna alias masih parsial. Orang tersebut sekalipun mendapatkan pahala puasanya, tetapi akan mendapatkan sanksi meninggalkan shalatnya ( QS Zalzalah [99] : 8 ). Mudah-mudahan puasa yang dilakukannya bisa meningkatkan kadar imannya sehingga dengan proses waktu, shalatnya pun dia bisa laksanakan dengan sempurna. Amin ■

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Selasa, 24 Juli  2012 / 4 Ramadhan 1433 H

Judul dari admin ( aslinya tanpa judul )

Ilustrasi  : urdunews

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Berpuasa tapi Meninggalkan Shalat Wajib

  1. anis says:

    asslamu’alaikum..
    maaf, saya ingin bertanya, dan mohon jawabannya..

    misalnya saya puasa sunnah, saat itu saya tidak shalat subuh karena ketiduran setelah makan sahur.. akhirnya bngun kesiangan dan tidak dapat sahalat subuh,,
    jadi pertanyaannya, apakah puasa saya batal?

  2. Fulan says:

    Bingung jwbnya,
    “Tdk batal,
    “SAH SAJA.

Leave a comment