Amal Terbaik Hari Tasyrik


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Apa sesungguhnya hari Tasyrik dalam Islam ustadz?  Saya tidak tahu keutamaan hari Tasyrik selain haram berpuasa pada hari-hari itu dan jamaah haji melakukan mabit di Mina, ada yang mengambil nafar awal dan ada yang mengambil nafar sani. Kalau sekarang saya sedang tidak berhaji, amalan-amalan kebaikan apa saja yang seharusnya saya kerjakan? Jazakumullah.


Iswandi Zainul Kutbi – Tangerang

Jawaban :

Alhamdulillah kita masih berada dalam hari Tasyrik walau sudah berada di penghujung nya (13 Dzulhijjah). Hari Tasyrik adalah hari yang dimuliakan Allah swt, “Sesungguhnya hari yang paling mulia di sisi Allah adalah hari nahar (menyembelih hewan/Idul Adha) dan yaumul qorr (hari Tasyrik).” (HR Abu Daud). Dan, ia adalah hari raya umat Islam serta hari untuk memperbanyak zikir dan bersyukur. Walau berzikir dan bersyukur hendaknya dilaksanakan setiap saat, Allah tabaraka wata’ala menyediakan momentum khusus sebagai pengingat dan kelebihan tersendiri pada hari Tasyrik. Rasulullah SAW bersabda, “Hari Arafah, hari Idul Adha, dan hari-hari Tasyrik adalah Id kami — kaum Muslimin. Hari itu adalah hari menyantap makan dan minum.” (HR Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i dari ‘Uqbah bin ‘Amir). Bahkan, dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Muslim Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa sedang berpuasa, hendaklah ia membatalkan puasanya karena hari — Tasyrik — ini adalah hari menyantap makanan dan minuman”.

Amalan terbaik untuk yang tidak berhaji adalah berzikir dan bersyukur kepada Allah swt atas karunia nikmat tak terhingga-Nya, sebagaimana diperintahkan Allah dalam ayat berikut, “Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang.” (QS al- Baqarah: 203). Menurut Ibnu Umar, hari yang terbilang maksudnya adalah hari-hari setelah Idul Adha (hari nahar), yaitu hari-hari tasyrik. Sedangkan, menurut Ibnu Abbas dan Atha, hari yang terbilang adalah empat hari, yakni hari Idul Adha dan tiga hari sesudahnya.

Dzikir yang dimaksud mencakup berbagai macam zikir yang kita pahamai dari Rasulullah saw. Tapi, jika ingin yang lebih spesifik adalah zikir dalam bentuk bertakbir sebanyak mungkin selama hari-hari Tasyrik sebagaimana para sahabat Nabi dan tabiin yang menggemakan takbir di pasar-pasar dan jalan-jalan, terutama setelah shalat lima waktu.

Secara umum, zikir apa saja pada hari Tasyrik akan mendapatkan kemuliaan tersendiri dari Allah azza wa jalla, “Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan)
nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka, di antara manusia ada orang yang berdoa: ‘Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia’, dan tiadalah baginya bahagia (yang menyenangkan) di akhirat. Dan, di antara mereka ada orang yang berdoa: ‘Rob- bana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar’ (Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka).’ (QS al-Baqarah: 200-201)

Sedangkan, doa terbanyak yang dibaca Rasulullah saw sebagaimana yang disampaikan oleh Ikrimah dan Atho berdasarkan ayat di atas adalah membaca doa, “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar”. Anas bin Malik mengatakan, “Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi saw adalah ‘Allahumma Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar.” (HR Bukhari dan Muslim).

Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin, 29 Oktober 2012 / 13 Dzulhijjah 1433

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Haji, Ibadah and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s