Akhlak Para Pemenang


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Saya sempat tertegun memperhatikan Surah an-Nasr (kemenangan), di sana Allah SWT memerintahkan Rasulullah menjadikan ukuran kemenangannya adalah berbondong-bondongnya manusia memeluk agama Allah. Lalu, bagaimana akhlak para pemenang?

HamzahSurabaya

Jawaban :

Islam adalah din yang diturunkan Allah sebagai hukum yang berkeadilan bagi semua makhluk dalam semua kondisi. Islam menetapkan bahwa rahasia semua kemenangan adalah pertolongan Allah. Dinul Islam juga memiliki aturan etika mencapai kemenangan atau akhlak pemenang dalam mencapai kemenangan.

Pertama, ikhlas, dengan memurnikan segala tujuan hanya karena Allah dalam proses mencapai kemenangan. Di antara bentuk keikhlasan yang mendatangkan kemenangan adalah selalu memperkuat keimanan kepada Allah dan setelah meraih kemenangan jangan berkhianat dan mengingkari nikmat-Nya. Bekerja maksimal dengan spirit jihad fisabilillah adalah bentuk lain dari keikhlasan.

Kedua, mengikuti Sunnah Rasulullah. Ini dapat diwujudkan dengan berpegang teguh pada contoh Nabi dalam segala aktivitas.

Ketiga, tazkiyatun nafs (penyucian jiwa). Kekuatan seseorang ada pada hatinya, ketika seseorang senantiasa menyucikan jiwanya, akan membawanya pada kemenangan.

Keempat, zuhud, yaitu menjadikan gaya hidup untuk keselamatan dan kebahagiaan akhirat sebagai prioritas.

“Hai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: ‘Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah, kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal, kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalah sedikit.” (QS at-Taubah [9]: 38).

Kelima, menjauhi jahiliyah yang diartikan semua yang bukan Islam. Umat Islam tak akan pernah dapat meraih kejayaannya selama masih berinteraksi dengan kejahiliyahan.

Keenam, semangat bersatu. Pertolongan dan kemenangan dari Allah tak akan diberikan kepada yang senang bersendiri dan menyempal, sehebat dan sesaleh apa pun orang itu.

“Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. Dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.”  (QS Al-Mujadilah: 22).

Allah hanya memberikan pertolongan kepada mereka yang memiliki semangat untuk bersatu. “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” (QS Ali Imran: 103).

Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin, 29 Oktober 2012 / 13 Dzulhijjah 1433

  ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s