Daging Kurban untuk Non-Muslim


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, kalau kita mempunyai tetangga yang non-Muslim, bolehkah kita memberikan sebagian dari daging hewan yang kita kurbankan sebagai bentuk berbuat baik kepada tetangga?
Mohon penjelasannya ustadz.

Rosyidah Humaira — Jakarta Barat

Jawaban :

Allah SWT berfirman, “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS al-Mumtahanah [60]: 8).

Syariat Islam tidak melarang umat untuk bermuamalah dengan baik kepada umat lain, bahkan syariat Islam memberikan bimbingan agar berbuat baik dan adil kepada orang-orang kafir selama mereka tidak memusuhi dan mengusir umat Islam dari tanah airnya.

Dalam ayat lain disebutkan,”Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang di tawan.” (QS al-Insan [76]: 8).

Berdasarkan ayat-ayat di atas, maka kebanyakan ulama, seperti Imam Abu Hanifah, Hasan al-Basri, Abu Tsaur, dan ulama kalangan mazhab Hambali berpendapat bahwa boleh hukumnya memberikan sebagian daging hewan kurban kepada orang kafir yang tidak memusuhi dan memerangi umat Islam, terutama jika mereka adalah anggota keluarga kita, tetangga kita, atau termasuk orang miskin. Karena, itu merupakan bentuk berbuat baik kepada non-Muslim.

Ibnu Qudamah dalam kitab al-Mughni menjelaskan bahwa daging kurban adalah makanan yang boleh dimakan sehingga boleh diberikan sebagai makanan bagi orang kafir dzimmi sebagaimana makanan-makanan lainnya, dan merupakan sedekah sunah yang dianjurkan. Karenanya, boleh diberikan kepada orang kafir dzimmi dan para tawanan sebagaimana sedekah sunah lainnya.

Bahkan, mengenai hubungan bertetangga ini dalam hadis Nabi SAW disebutkan, “Mujahid meriwayatkan bahwa Abdullah bin ‘Amru disembelihkan kambing untuk keluarganya dan ketika ia kembali ia bertanya kepada keluarganya sampai dua kali. ‘Apakah kalian telah menghadiahkan kepada tetangga kita yang Yahudi?’ Saya mendengar dari Rasulullah SAW bersabda, ‘Jibril senantiasa menasihatiku tentang tetangga hingga aku mengira bahwa tetangga itu akan mendapat bagian harta waris.” (HR Tirmizi). Hadis ini juga diriwayatkan dalam Shahih Bukhari-Muslim dari Aisyah dan Ibnu Umar.

Maka, tidak apa-apa memberikan sebagian dari daging kurban kita kepada tetangga yang non-Muslim sebagai hadiah atau sedekah jika ia kurang mampu.

Dalam pembagian daging hewan kurban, sebagian ulama mengatakan bahwa sunah hukumnya membagikan daging hewan kurban menjadi tiga bagian; sepertiga untuk dimakan sekeluarga, sepertiga untuk dihadiahkan kepada kerabat atau tetangga, dan sepertiga lagi untuk disedekahkan kepada fakir miskin. Namun, pembagian itu bukan suatu keharusan atau tidak berdosa jika tidak membagikannya seperti itu.

Abu Musa al-Isfahani dalam kitab al-Wazha’if dari Ibnu Abbas menjelaskan bahwa Nabi SAW memberikan kepada keluarganya sepertiga, memberikan sepertiganya sebagai makan kepada tetangganya yang fakir, dan menyedekahkan sepertiganya kepada orang yang minta-minta.

Imam Ahmad mengatakan, kami mengikuti hadis Ibnu Mas’ud yang menjelaskan bahwa orang yang berkurban memakan hewan kurbannya sepertiga, memberi makan orang yang ia inginkan sepertiga, dan menyedekahkan sepertiganya kepada fakir miskin. Sedangkan, sebagian ulama berpendapat bahwa kurban itu dibagi dua, setengah dimakan dan setengah lagi disedekahkan.

Wallahu a’lam  bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 24 Oktober  2012 / 8 Dzulhijjah 1433 H

Ilustrasi : salafiy unpad

ΩΩΩ

 Entri Terakhir :


About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Kurban and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s