Zakat Fitrah untuk Fakir Miskin Saja


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, apakah benar bahwa zakat fitrah itu hanya dikhususkan bagi para fakir dan miskin dan tidak boleh dibayarkan kepada asnaf zakat yang lain, sebagaimana dalam zakat harta? Dan, apakah benar puasa kita akan tergantung antara langit dan bumi sampai kita membayarkan zakat fitrah kita? Mohon penjelasannya, Ustadz.

Hamba Allah

Jawaban :

Zakat al-fitri yang biasa kita sebut dengan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap individu Muslim, baik yang dewasa maupun kecil, laki-laki maupun perempuan, orang merdeka maupun budak, dengan syarat dia memiliki harta yang lebih dari kebutuhannya dan kebutuhan orang yang menjadi tanggungannya pada hari raya. Dan, para ulama sepakat bahwa zakat fitrah itu wajib.

Para ulama berbeda pendapat tentang masraf atau pihak yang berhak menerima zakat fitrah ini. Jumhur ulama berpendapat bahwa zakat fitrah ini boleh dibagikan kepada semua asnaf zakat yang disebutkan dalam surah at-Taubah ayat 60, yaitu “Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. ( QS at-Taubah: 60 ).

Karena zakat fitrah adalah zakat maka pihak yang berhak menerimanya juga sama dengan pihak yang berhak menerima zakat harta. Mazhab Syafi’i berpendapat bahwa wajib hukumnya mendistribusikan zakat fitrah kepada asnaf zakat sebagaimana yang disebutkan dalam surah at-Taubah ayat 60 tersebut. Jika mereka semua ada atau jika tidak ada maka harus diberikan kepada yang ada saja.

Imam Nawawi menjelaskan dalam al-Majmu’ bahwa pendapat yang terkenal dalam mazhab kami (Syafi’iyah) adalah zakat fitrah itu wajib diberikan kepada delapan golongan yang berhak mendapatkan harta.

Sedangkan, ulama Mazhab Maliki dan salah satu riwayat dalam Mazhab Hanbali berpendapat bahwa zakat fitrah itu hanya untuk fakir dan miskin. Pendapat ini yang juga dipegang oleh Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Qayyim. Hal itu berdasarkan hadis Nabi SAW yang menjelaskan bahwa zakat fitrah itu diwajibkan untuk memberi makan orang-orang miskin. Rasulullah SAW bersabda, “Cukupkanlah orang-orang miskin, jangan sampai mereka minta-minta pada hari ini.“ (HR al-Baihaqi dan al-Daruquthni).

Pendapat inilah yang kuat berdasarkan hadis-hadis di atas dan amalan Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam masalah zakat fitrah.

Adapun mengenai ibadah puasa yang tergantung antara langit dan bumi sampai orang yang berpuasa itu membayarkan zakat fitrahnya, memang ada riwayat hadisnya. Diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Puasa seorang hamba akan terus tergantung di antara langit dan bumi sampai dia menunaikan zakat fitrahnya.’”

Hadis ini disebutkan oleh Abu al-Faraj Ibnu al-Jauzi dalam kitabnya al-‘Ilal al-Mutanahiyah. Kemudian, dia menjelaskan hadis ini tidak sahih. Hadis ini karena dalam sanadnya, ada Abdurrahman bin ‘Utsman. Imam Ahmad berkata, “Orang-orang membuang hadisnya.“ Ibnu Hibban menegaskan, tidak boleh berhujah dengan hadisnya. Maka, hadis ini adalah hadis dhaif yang tidak bisa dijadikan sebagai landasan untuk menetapkan hukum dalam masalah ini. Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 24 Agustus  2012 / 6 Syawal 1433 H

Ilustrasi : ezsoftech.com

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Puasa, Ramadhan, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s