Berhubungan Suami Istri


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, kalau ada seseorang yang berhubungan suami istri pada malam hari (tetapi sudah niat puasa), kemudian terbangun sudah melewati sahur (sekitar pukul 06.00 WIB) sehingga belum sempat mandi besar, apakah puasanya harus sah dilanjutkan? Kalau dianggap tidak sah, apakah harus bayar fidyah atau cukup mengganti puasa setelah Ramadhan?

Hardiyan

Jawaban :

Pada malam hari suami istri diperbolehkan berhubungan intim (QS al-Baqarah [2]:187). Apabila terbangun dan belum mandi besar, padahal waktu Subuh sudah masuk, puasanya tetap sah dan silakan lanjutkan sampai Maghrib karena persyaratan berpuasa Anda sudah terpenuhi, yaitu sudah membulatkan niat waktu malam bahwa Anda akan berpuasa.

Persyaratan mandi besar itu bukan untuk berpuasa, tetapi untuk melakukan shalat Subuh. Jadi, kalau Anda belum mandi besar padahal waktu Subuh sudah masuk, puasa Anda tetap sah, tidak perlu membayar qadha ataupun fidyah. Tetapi, tentu saja Anda harus mandi besar saat mau melakukan shalat Subuh karena salah satu syarat sahnya shalat adalah bersih dari junub (QS al- Maidah [5] : 6)

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Jumat , 10 Agustus  2012 / 21 Ramadhan 1433 H

Ilustrasi  :  Karachi Corner

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s