Bila Tajwid Bacaan Al-Fatihah Salah


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, kalau kita shalat berjamaah imam membaca surah al-Fatihah dengan tajwid dan makhrajnya salah, apa shalatnya sah? Kita sebagai makmum harus bagaimana ?
Terima kasih.

Asep Koesniyadie

Jawaban :

Shalat itu tidak sah kalau tidak membaca surah al-Fatihah. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak sah shalat bagi yang tidak membaca surah al-Fatihah.” ( HR Bukhari ). Idealnya, dalam membaca al-Fatihah harus sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Karena itu, Nabi SAW memberi arahan bahwa yang paling ideal menjadi imam adalah aqrauhum bil Qur’an ( yang paling baik dan benar bacaan Al-Qurannya ). Namun, dalam realitasnya kadang yang menjadi imam itu bacaannya tidak benar, salah dalam mengucapkan huruf-hurufnya.

Apabila Anda bermakmum kepada imam yang salah dalam pengucapan ayat-ayat Al-Quran, terutama al-Fatihahnya, maka Anda tetap mendapatkan pahala berjamaah karena kesalahan bacaan imam tidak memengaruhi pahala makmum. Yang paling baik bagi Anda adalah tetap bermakmum sekalipun bacaan imam itu banyak salah karena ketika Nabi SAW menjelaskan keutamaan shalat berjamaah tidak mensyaratkan kualifikasi imam yang harus sempurna. Nabi SAW hanya mengatakan, “Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian.” ( HR Bukhari )

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Senin , 6 Agustus  2012 / 17 Ramadhan 1433 H

Judul asli : Bila Bacaan Tajwid Al-Fatihah Salah

Ilustrasi  :  A Girl’s Guide to Being Muslim

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s