Fidyah Puasa


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, apakah fidyah dapat ditunaikan dengan uang dan berapa nilainya?

Munarmani Hs – Bogor

Jawaban :

Barang siapa yang tidak mampu berpuasa pada Bulan Ramadhan karena usia tua atau karena mengidap penyakit yang sudah tidak diharapkan lagi kesembuhannya secara medis, dibolehkan baginya untuk tidak berpuasa. Tapi, diwajibkan atasnya untuk membayar fidyah untuk setiap hari yang ia tinggalkan dengan memberi makan satu orang miskin.

“(Yaitu), dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan ( lalu ia berbuka ), ( wajiblah baginya berpuasa ) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan, wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya ( jika mereka tidak berpuasa ) membayar fidyah, ( yaitu ) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itulah yang lebih baik baginya. Dan, berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS al-Baqarah [2] : 184).

Dalam satu atsar yang diriwayatkan Imam Bukhari, Ibnu Abbas mengatakan, “Ayat ini tidak di-mansukh-kan, yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah laki-laki dan perempuan yang sudah tua yang tidak kuat lagi untuk berpuasa, mereka berdua memberi makan satu orang miskin untuk setiap hari yang ditinggalkannya.

Ibnu Qudamah dalam Kitab Al-Mughni juga menjelaskan, laki-laki dan perempuan yang sudah tua dan tidak kuat lagi untuk menjalankan puasa atau berpuasa itu sangat menyusahkan dan memberatkannya, dibolehkan baginya tidak berpuasa dan membayar fidyah dengan memberi makan satu orang miskin untuk setiap hari yang ditinggalkannya. Jika tidak mampu memberikan makanan ( karena miskin ), tidak dibebani apa-apa atasnya. Begitu juga dengan orang sakit yang sudah tidak diharapkan kesembuhannya, ia boleh tidak berpuasa dan membayar fidyah setiap hari, ia disamakan seperti orang tua yang sudah tidak mampu lagi berpuasa.

Para ulama berbeda pendapat tentang boleh atau tidaknya membayar fidyah dalam bentuk uang. Jumhur ulama berpendapat, tidak boleh mengeluarkan fidyah dalam bentuk uang senilai kadar fidyah itu sebagai pengganti makanan. Hal itu berdasarkan dalil bahwa nash ayat yang menunjukkan pembayaran fidyah itu memerintahkan untuk memberikan makanan ( al-ith’am ).

Sedangkan, Mazhab Hanafi membolehkan membayar fidyah puasa dalam bentuk uang. Pendapat ini juga diambil oleh Ibnu Taimiyyah jika dalam bentuk uang itu lebih bermanfaat bagi si fakir. Yusuf al-Qaradhawi juga menjelaskan, tidak apa-apa untuk mengeluarkannya dalam bentuk uang jika itu lebih maslahat untuk fakir miskin.

Karena itu, sebisa mungkin membayar fidyah itu dalam bentuk makanan, kecuali apabila memberikan dalam bentuk uang itu lebih bermanfaat bagi si miskin maka boleh mengeluarkan uang senilai harga makanan tersebut.

Adapun kadar fidyah yang harus dibayar, para ulama juga berbeda pendapat tentang masalah ini. Sebagian ulama berpendapat, kadar yang harus dikeluarkan adalah satu mud (yang jika dibulatkan sekitar 750 gram beras) untuk setiap hari tidak berpuasa.

Sebagian ulama berpendapat, kadar fidyah adalah 1/2 sha’ ( kurang lebih 1,5 kilogram ), yaitu dua mud, karena satu sha’ itu sama dengan empat mud. Ada juga ulama yang berpendapat kadarnya adalah dengan memberikan makanan kepada satu orang miskin yang dapat mengenyangkan lengkap dengan lauk pauknya.

Bayarlah fidyah setiap hari setelah terbit fajar, yakni setelah pasti bahwa ia tidak berpuasa pada hari itu atau membayarnya sekaligus pada akhir Ramadhan.

Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin, 6 Agustus  2012 / 17 Ramadhan 1433 H

Ilustrasi : insanislam.com

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s