Mengkaji atau Membaca Al-Quran ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Mana yang harus lebih diutamakan saat Ramadhan, mengkaji isi Al-Quran atau membaca ( tilawah ) Al-Quran ?

Jawaban :

Inti dari perintah membaca Al-Quran adalah mengamalkan yang telah kita baca. Untuk sampai pada pengamalan Al-Quran tersebut, ada tahapannya. Pertama, qiraah yaitu membaca teks ayat demi ayat yang terdapat dalam mushaf. Kedua, tilawah yaitu memahami maksud dari ayat demi ayat yang kita baca sekuarng-kurangnya dengan membaca terjemahan dari ayat yang kita baca.

Lebih baik jika tahap kedua ini dilengkapi dengan kitab tafsir yang ada. Ketiga, tadabbur dan tadzakkur yaitu menggali dan mengkaji kandungan dari ayat yang dibaca serta meresapinya agar dapat menjadi bagian dari upaya menerangi hati dan membersihkannya dari segala noda.

Tahap pertama pastinya lebih mudah dari tahap kedua da ketiga. Maka, tidak dipersalahkan jika hasil akhir dari tahap pertama bisa sampai tamat 30 juz. Namun, untuk tahap kedua dan ketiga tidak semua orang berkemampuan sehingga diperlukan pendampingan dari para ulama atau ustadz. Ketiga tahap tersebut sama utamanya dilakukan pada Ramadhan. Wallahu a’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 7 & 8  Th. XIII Juli – Agustus 2012 / Ramadhan – Syawal 1433 H

Gambar : Muslim Blog

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Al-Quran, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s