Membela Muslim Rohingya


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

kemana sby/wall/facebook.com

Ustadz, saya sangat sedih membaca berita pembantaian Muslim Rohingya di Myanmar. Pemerintahan Presiden Thein Sein mengusir mereka yang sudah ada di Myanmar sejak abad kedelapan. Apa hukumnya membela saudara Muslim yang diusir dari negerinya dan hikmah apa yang harus kita ambil ?

Hamba Allah

Jawaban :

Allah SWT menegaskan, hubungan antarmuslim itu sangat kuat dengan menggambarkannya sebagai hubungan persaudaraan. Kata persaudaraan bukan sekadar ikatan emosional, melainkan lebih dari ikatan ideologi dan akidah yang harus diperjuangkan bersama. “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara…” (QS al-Hujurat [49] : 10). Rasulullah juga menjelaskan bagaimana seharusnya hubungan Muslim dengan saudara Muslim lainnya dalam membangun tatanan sosial Islam.

Dari al-Nu’man bin Basyir, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Perumpamaan kaum mukminin dalam kecintaan dan kasih sayang antarmereka adalah bagaikan satu jasad. Apabila satu anggota tubuh sakit maka seluruh badan akan susah tidur dan terasa panas (demam).” ( HR Muslim ). Kerekatan hubungan yang harus dibangun seperti direkatkannya jari jemari tangan sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah.

Abu Musa meriwayatkan dari Nabi bahwa beliau bersabda, “Seorang mukmin dengan mukmin lainnya adalah bagaikan bangunan yang saling menguatkan antara satu dan lainnya ( dan Rasulullah menjalinkan antara jari-jarinya ).”  ( HR Bukhari dan Muslim ).

Seperti yang kita ketahui lewat media bahwa minoritas Muslim Rohingya di Myanmar sedang mengalami penindasan kolektif. Itu merupakan bentuk pembunuhan rasis yang terjadi dalam skala besar terhadap Muslim di sana. Sehingga, sebagian kalangan menyebutkan sebagai bentuk genosida kemanusiaan dan etnic cleansing. Sayangnya, tragedi mengerikan ini telah diabaikan oleh dunia internasional, kurang cepat direspons oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ( ASEAN ) di mana Indonesia yang saat ini bergabung di dalamnya dan Organisasi Kerja Sama Islam ( OKI ) pun baru sebatas membuat pernyataan tanpa aksi yang signifikan.

Maka, menjadi kewajiban setiap individu Muslim untuk membantu dan membela saudara kita Muslim Rohingya di Myanmar dengan berbagai cara yang kita mampu. Andai pun mereka bukan umat Islam, sebagai manusia beriman dan menghargai kemanusiaan, tetap wajib membela dan membantu mereka yang sedang dizalimi, dihinakan, ditindas, dan dibunuh secara membabi buta.

Selain berdoa sendiri maupun kolektif dan bermunajat untuk memohon perlindungan dan pertolongan Allah, umat Islam wajib menggalang bantuan untuk membantu meringankan penderitaan saudara kita, Muslim Rohingya, di pengungsian mereka. Minimal, ikut menyosialisasikan informasi tentang tragedi kemanusiaan Muslim Rohingya ini melalui media jejaring sosial atau media yang efektif lainnya. Agar, umat memiliki kesadaran akan tragedi kemanusiaan yang terjadi di sana sehingga tergerak hatinya untuk turut serta merasakan penderitaan dan memberikan bantuan. Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 4 Agustus  2012/15 Ramadhan 1433 H

Ilustrasi : kompasiana

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Dunia Islam and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Membela Muslim Rohingya

  1. tomo says:

    makanya, umat islam harus menguasai teknologi dan sains terutama dalam bidang militer. teladani negara Iran yang bermahzab syiah-muta’zilah satu2 nya negara islam yang memiliki teknologi nuklir, rudal dan teknologi angkasa luar yang canggih. bahkan USA saja takut dengan Iran umat islam ahlus sunnah bisa2 nya berkoar-koar dan mengutuk setiap kali melihat umat islam yg lain dibantai.
    pentingkan pendidikan sains dan teknologi, jangan bisanya ibadah aja kalau saja dari dulu islam unggul dalam hal sains dan teknologi layaknya Iran. maka tragedi seperti rohingya tak perlu terjadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s