Niat Puasa Cukup pada Awal Ramadhan


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Apakah niat puasa harus setiap hari? Soalnya, ada kiai yang menganjurkan niat sekali saat awal Ramadhan, kemudian ketika di hari sekian lupa niat maka itu sudah cukup. Bagaimana, Ustadz? Terima kasih.

Sholeh, Gandul, Depok

Jawaban :

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang tidak membulatkan niat puasa Ramadhan sebelum fajar maka puasanya tidak sah.” (HR Ahmad). Inilah yang menjadi dalil bahwa niat harus dimantapkan setiap malam.

Tetapi, kalaupun niatnya digabungkan untuk satu bulan, itu pun tidak masalah karena ada keterangan yang bersifat umum dari Nabi SAW.  “Sesungguhnya setiap amal itu bergantung pada niatnya.” ( HR Bukhari ).

Jadi, kalau di awal Ramadhan Anda sudah berniat akan puasa sebulan penuh maka itu sudah dianggap mencukupi. Silakan mau niat puasa untuk sebulan penuh boleh, mau tiap malam juga boleh

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Jumat, 3 Agustus  2012 / 14 Ramadhan 1433 H

Ilustrasi  : Karachi Corner

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s