Keringanan Puasa Bagi yang Berusia Lanjut


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustaz Aam, kakek saya sudah sepuh, usianya 82 tahun. Namun, tiga bulan terakhir sudah sering kecapaian dan susah mengonsumsi makanan berat sehingga anak atau cucunya tidak tega memaksakan berpuasa. Apakah tetap dipaksakan berpuasa atau diganti ?

Hengkie Pasa, Madiun

Jawaban :

Orang yang uzur karena faktor usia lanjut diberi rukhsah ( keringanan ) untuk tidak berpuasa dan menggantinya dengan memberi fidyah kepada kaum miskin. Anda tidak perlu memaksa kakek untuk berpuasa karena beliau termasuk yang mendapat keringanan untuk tidak berpuasa ( QS al-Baqarah [2]: 184 ).

Fidyah, artinya memberi makan kepada kaum miskin sebesar yang biasa dimakan. Misalnya, kalau diuangkan dalam sehari, kakek Anda makan sebesar Rp 15.000 maka cara menghitungnya kalikan saja 15 ribu dengan hari yang tidak berpuasa. Fidyah bisa diberikan kepada satu orang miskin, bisa juga kepada beberapa miskin, yang penting jumlahnya sesuai dengan hari tidak berpuasa

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Sabtu, 28 Juli  2012 / 8 Ramadhan 1433 H

Judul dari admin ( aslinya tanpa judul )

Ilustrasi  : urdunews

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s