Puasa untuk Mengendalikan Pikiran Kotor


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Decorating the Old City of Jerusalem in preparation for the month of Ramadan

Ustadz, bagaimana caranya menghilangkan pikiran kotor ? Karena hal itu membuat saya tidak bisa konsentrasi dalam belajar.

Hamba Allah

Jawaban :

Secara prinsip manusia itu tidak akan streril dari pikiran-pikiran kotor. Karena Allah telah tanamkan pada manusia pikiran baik dan buruk. Kalau Anda masih memiliki pikiran kotor berarti Anda adalah manusia yang normal ( QS Asy-Syams [91] : 8 ). Tugas kita adalah berusaha meredam dan mengalihkan pikiran-pikiran kotor itu menjadi energi positif ( QS Asy-Syams [91] : 9 ). Salah satu caranya adalah dengan berpuasa.

Puasa yang berkualitas itu tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi harus mampu mengendalikan pikiran-pikiran kotor. Kalau kita sering mengendalikannya, secara perlahan gejolak pikiran itu kadarnya akan menurun, tetapi tidak akan bersih sama sekali.  Pasti sesekali akan muncul lagi, karena itu adalah fitrah yang Allah tanamkan dalam setiap diri manusia ( QS Ali Imran [3] :14 ) ■

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Senin, 23 Juli  2012 / 3 Ramadhan 1433 H

Judul dari admin ( aslinya tanpa judul )

Gambar : demotix

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Ibadah, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s