Shalat dan Puasa di Wilayah yang Siang atau Malamnya Sangat Panjang


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, saat ini kan Eropa sedang musim panas, bahkan di sebagian wilayah Skandinavia matahari tidak tenggelam. Bagaimana metode menentukan waktu shalat & imsakiah ?

Widowati Maisarah

Jawaban :

Secara prinsip, ibadah shalat dan puasa itu terikat oleh ruang dan waktu di mana kita berada. Misalnya, saat sahur saya berada di Bandung dan waktu berbuka sudah berada di Denpasar. Maka, saya harus berbuka mengikuti waktu Maghrib Denpasar, bukan waktu Bandung. Demikian juga waktu shalat, berlaku ketentuan seperti itu. Itulah ketentuan baku seperti dijelaskan dalam surah An-Nisa ayat 103.

Walaupun ada ketentuan baku, tetapi ajaran Islam sangat fleksibel melihat realitas. Untuk wilayah yang waktu siangnya sangat panjang atau sebaliknya, waktu malamnya sangat panjang maka bisa diterapkan rumus “Maa laa yudraku kulluhu laa yutraku kulluhu“. Artinya, untuk suatu ibadah yang tidak bisa dilakukan secara sempurna maka jangan ditinggalkan seluruhnya tetapi lakukan saja semampunya.

Merujuk pada rumus tersebut, sejumlah pakar fiqih mengembalikannya pada prinsip perhitungan jam. Jadi, puasa tidak dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari, tetapi ditentukan dengan jumlah jam. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Ahad, 22 Juli  2012 / 2 Ramadhan 1433 H

Judul dari admin ( aslinya tanpa judul )

Gambar : sujudee

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Puasa, Ramadhan, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s