Musafir, Lebih Baik Berbuka atau Tetap Berpuasa ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Apa yang lebih utama bagi musafir, berbuka atau terus berpuasa ? Selama ini, perjalanan jauh bisa menggunakan pesawat atau kereta cepat sehingga tidak terlalu lelah. Apakah dianjurkan berbuka puasa atau puasa saja ?

Hanif A Ridwan, Jakarta

Jawaban :

Musafir ( orang yang bepergian ) diberi keringanan untuk tidak berpuasa ( lihat QS al-Baqarah 2 : 184 ). Dalam ayat tersebut tidak dijelaskan apakah perjalanan itu melelahkan atau tidak. Pokoknya musafir boleh tidak berpuasa. Apabila Anda merasa tidak lelah dan yakin kuat untuk berpuasa karena terbantu dengan teknologi transportasi yang semakin modern, mempertahankan puasa itu lebih baik.

Tetapi, kalau Anda memaksakan diri sampai sakit, berarti Anda tidak berterima kasih atas kemudahan yang Allah berikan. Rasulullah SAW bersabda, “Rukhshah ( keringanan ) itu merupakan sedekah Allah, maka ambillah sedekah Allah itu.” ( HR Muslim ). Jadi, yang paling baik itu tidak berpuasa kalau perjalanannya sangat melelahkan. Namun, kalau tidak melelahkan, akan lebih baik kalau Anda tetap berpuasa. Wallahu a’lam ■

Sumber : Konsultasi Puasa, Cahaya Ramadhan , Republika, Sabtu, 21 Juli  2012 / 1 Ramadhan 1433 H

Judul dari admin ( aslinya tanpa judul )

Gambar : www.familyholiday.net

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s