Bagaimana Menasihati Orangtua Agar Lekas Berhaji ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Bagaimana cara menasihati orangtua yang sebenarnya sudah mampu berhaji tapi masih enggan melaksanakannya dan bahkan lebih memilih menggunakan uang yang dimilikinya untuk membeli mobil baru?

Jawaban :

Sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu mengenai yang dimaksud dengan istitha‘ah ( mampu ) yang menjadi syarat datangnya kewajiban haji. Dan, ketika istitha‘ah itu betul-betul sudah ada, apa yang harus segera dilakukan dan apa akibat dari melalaikan kewajiban haji yang sudah saatnya.

Istitha‘ah dalam haji dimaknai lengkap oleh para ulama, bukan hanya pada masalah finansial, namun juga masalah kekuatan fisik, kendaraan, bekal, keamanan dalam perjalanan, dan keseluruhan aspek pendukungnya. Jika keseluruhan sarana itu sudah ada, termasuk finansial, maka yang harus segera dilakukan adalah memproses persyaratan untuk keberangkatan haji.

Menunda berhaji bagi yang telah mampu melaksanakannya tentu saja menyalahi perintah agama dan bisa berakibat dosa dan hilangnya keberkahan harta yang dimiliki. Kecuali, jika penundaan tersebut karena dana yang ada digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar, misalnya pembelian mobil karena menunjang usaha yang memang tengah dirintis atau ada kepentingan bersama yang bisa dirasakan manfaatnya. Maka, sepanjang tetap pada niatan haji yang kuat, insya Allah hal tersebut tidak menjadi masalah 

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 05  Th. XIII Mei 2012 / Rajab 1433 H                                                                                                                                                                             Gambar : jurnalhaji

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Haji and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s