Tragedi Suriah


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, melihat berita dan video tentang keadaan  umat Islam di Suriah, saya merasa prihatin. Saya melihat pasukan Suriah membabi buta menembaki rakyatnya. Apa yang harus saya lakukan terhadap kondisi semacam ini?

Fauzi – Samarinda

Jawaban :

Perumpamaan kaum Mukminin dalam kecintaan dan kasih sayang antarmereka adalah bagaikan satu jasad, apabila satu anggota tubuh sakit maka seluruh badan akan susah tidur dan terasa panas ( HR Muslim ). Rakyat Suriah adalah saudara-saudara kita seiman dan seislam, mereka mengalami penistaan kemanusiaan yang sangat keji.

Sudah seharusnya kita berbuat sesuatu yang nyata untuk menghentikan pembunuhan biadab oleh pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Suriah saat ini merupakan kawasan Syam masa lalu yang mendapat pujian khusus dari Rasulullah. Karena, penduduknya yang menjadi pendukung utama dakwah Islam, selain khilafah Islamiah juga pernah berpusat di sana.

Bahkan, menurut sebagian ahli tafsir, kata “at-Tiin” dalam surah at-Tiin maksudnya adalah daratan Suriah. Revolusi Suriah sekarang ini dimulai dari demonstrasi rakyat yang menginginkan perubahan politik sebagai imbas Arab Spring, namun akhirnya berubah dan berkembang menjadi kekerasan dari pemerintah terhadap rakyat.

Suriah sangat strategis secara geografis, Irak di timur — yang sekarang dikuasai Syiah, Lebanon di barat, Israel di selatan, dan Turki di utara. Secara ekonomis dan politis, Suriah memiliki kekuatan sumber daya manusia terdidik. Suriah adalah negara yang bisa mengubah keseimbangan kekuasaan di tanah Arab. Suriah pun bisa memberikan pengaruh yang baik untuk seluruh Arab.

Hal terpenting yang harus kita lakukan saat ini adalah berupaya keras menghentikan pembantaian kemanusiaan yang dilakukan pemerintahan Bashar al-Assad, sebatas kemampuan kita. Misalnya, mendoakan keselamatan rakyat Suriah, menyosialisasikan informasi tentang tragedi kemanusiaan di Suriah melalui media jejaring sosial atau media yang efektif lainnya.

Targetnya, agar umat memiliki kesadaran akan kegentingan yang terjadi di sana, selain itu mendesak Pemerintah Indonesia menekan PBB dan lembaga dunia lainnya untuk menghentikan pembantaian manusia yang berkepanjangan itu, dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi dan pejuang kemerdekaan Suriah. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu , 23 Juni 2012 / 3 Sya’ban 1433 H

Gambar : Cetroone

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Dunia Islam and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s