Curhat atau Bongkar Aib ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Saya seorang Muslimah yang memiliki teman dekat (Muslimah juga ) sejak kecil. Kedekatan kami sejak kecil membuat kami terbiasa curhat semua permasalahan yang dihadapi masing-masing. Pun ketika kami sudah sama-sama menikah, kebiasaan tersebut masih sering kami lakukan. Akhir-akhir ini, curhatan teman saya tersebut membuat saya agak risi karena dia kerap membicarakan keburukan suaminya karena memang rumah tangganya tengah bermasalah.

Yang ingin saya tanyakan, apakah hal tersebut masuk dalam kriteria membongkar aib rumah tangga orang lain, mengingat saya juga kurang bisa memberi masukan yang berarti atas permasalahan teman saya tersebut. Mohon penjelasannya, Ustadz.

Jawaban :

Membuka aib orang lain merupakan perbuatan tercela, apalagi objeknya adalah pasangan suami-istri atau keluarga lain. Kalau memang sudah terpaksa, para ulama membolehkan kita membuka permasalahan yang sedang dihadapi selama hal tersebut dilakukan dalam rangka mencari solusi terbaik. Berbeda dengan kondisi seperti yang Anda tanyakan. Saya melihat tidak ada kebutuhan dan kepentingan ke arah yang lebih baik, mengingat yang dilakukan sebatas curhat sesama teman yang belum tentu memberi kebaikan kepada kedua belah pihak. Wallahu a’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 05  Th. XIII Mei 2012 / Rajab 1433 H

Gambar : iskaruji.com

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Akhlak and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Curhat atau Bongkar Aib ?

  1. alhamdulillah blog ini sangat memberi manfaat buat saya.terimakasih

Leave a Reply

