Berhutang untuk Membangun Masjid


Oleh : Ustadz Didin Hafidhuddin

Bolehkah disamakan pengurus masjid yang membangun masjid lalu berhutang untuk pembangunan masjid dengan asnaf gharimin ?

Sanwani — Kerinci, Jambi

Jawaban :

Gharimin ( orang yang berhutang ) memang terbagi dua katagori ( Hukum Zakat, 1987: 595) :

Pertama, orang yang berhutang untuk kepentingan dan kemaslahatan dirinya sendiri. Misalnya ia berhutang untuk berobat bagi diri, istri atau anak-anaknya. Orang ini berhak menerima zakat atas nama asnaf gharimin.

Kedua, orang yang berhutang untuk kepentingan dan kemaslahatan umum, misalnya ia berhutang untuk mendamaikan dua kelompok  suku yang bertentangan atau untuk kepentingan membangun masjid, rumah sakit dan lain sebagainya.Orang ini berhak menerima zakat atas nama asnaf gharimin  , namun hanya terbatas jumlahnya.

Dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 60 telah jelas dikemukakan siapa saja yang berhak menerima zakat ( fakir, miskin, petugas zakat, muallaf, dalam memerdekakan budak, orang yang berhutang ( gharimin ), sabilillah  dan  ibn sabil.

Jelas bahwa prioritas pemberian zakat diperuntukkan bagi golongan fakir miskin, lalu berikutnya dan seterusnya. Jika jumlah dana zakat dianggap cukup besar, maka boleh saja sebagiannya dipergunakan untuk kepentingan pembangunan fisik masjid atas nama asnaf sabilillah.

Menurut sebagian ulama seperti Al-Maraghi dalam tafsirnya, Jamaluddin dalam Al-Qashimy  dan Muhammad Syalthut dalam Al-Fatawa, sabilillah  bukan hanya untuk kepentingan peperangan saja tetapi mencakup segala kepentingan yang berkaitan dengan kebutuhan umat Islam ■

Sumber : Konsultasi ZIS, Republika, Sabtu, 22 November 1997 / 21 Rajab 1418 H


Gambar : islamedia

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Didin Hafidhuddin, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s