Memerangi Kemusyrikan


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, melihat beberapa hadis tentang perdukunan dan tukang ramal, terlihat Islam begitu menentang dan memerangi para dukun dan tukang ramal. Yang ingin saya tanyakan, apakah rahasia di balik sikap Islam tersebut ?

Hamba Allah

Jawaban :

Islam adalah agama tauhid yang sejalan dengan fitrah manusia yang membutuhkan hanya satu Tuhan ( rabb ) dan sesembahan ( ilaah ). Islam adalah agama tauhid yang menegaskan tiada satu pun yang semisal dalam ciptaan dan setara dalam kualitas dengan Allah Yang Maha Esa. Karena itu, kemusyrikan adalah musuh besar Islam.

Ada yang tidak pernah bisa damai selamanya, yaitu penyembah satu Allah dengan penyembah banyak sesembahan, peniti jalan hak dan peniti jalan batil, pengikut para nabi dan dan pengikut setan, pejuang di jalan Allah dan pejuang di jalan thagut. Banyak hadis Nabi Mu hammad yang menegaskan ancaman dan hukuman bagi mereka yang mendatangi para dukun dan tukang ramal, apalagi percaya ucapannya.

“Barang siapa yang mendatangi tukang ramal, tidak akan diterima shalatnya selama 40 malam.” ( HR Muslim ). Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda,”Barang siapa mendatangi dukun atau tukang ramal lalu dia membenarkan apa-apa yang dikatakan maka sungguh dia telah kafir terhadap apa yang telah diturunkan kepada Muhammad SAW.” ( HR Ahmad dan Abu Daud ).

Sebab, inti dari akidah dan keimanan kepada Allah dalam Islam adalah tauhid. Maknanya, menjadikan Allah satu-satunya yang disembah dan Zat untuk memohon pertolongan, sehingga tidak ada yang disembah dan dimintai pertolongan kecuali Dia. Itu selalu diikrarkan oleh setiap Muslim dalam munajatnya kepada Allah di setiap shalatnya.

Tauhid inilah yang membebaskan manusia dari segala bentuk penghambaan kepada selain Allah, baik pada sesama manusia, alam, benda, hawa nafsu, maupun penghambaan pada diri manusia itu sendiri. Tak heran bila Islam begitu keras memerangi segala bentuk kesyirikan dan hal-hal yang hanya merupakan hak dan milik Allah, seperti sihir dan mengaku mengetahui perkara-perkara gaib.

Allah sudah menyatakan, hanya Dialah yang mengetahui segala hal gaib dan tidak ada selain Dia mengetahuinya kecuali beberapa rasul yang diridhai-Nya. Islam sangat menentang dan memerangi dukun dan tukang ramal karena mereka menandingi dan melawan Allah dalam wilayah prerogratif dan kekhususan-Nya.

Allah menegaskan, “Katakanlah, tidak ada seorang pun di langit dan bumi yang mengetahui perkara gaib, kecuali Allah dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.“ ( QS AlNaml [27] : 65 ).

Ayat lain menyebutkan, “Katakanlah, aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak ( pula ) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan, sekiranya aku mengetahui yang gaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.“ ( QS Al-A’raf [7] : 188 ) .

Sangat disayangkan, melihat begitu tegas dan jelas ancaman Allah bagi mereka yang mendatangi dan mempercayai ucapan para dukun dan tukang ramal, namun masih ada saja dari kalangan umat Islam yang melakukannya. Semoga kita diberi hidayah dan taufik oleh Allah agar dapat menjauhi segala bentuk kemusyrikan. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Kamis , 14 Juni 2012 / 24  Rajab 1433 H

Banner : metafisis

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s