Ciri Ahli Shalat


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Saya ingin mengetahui makna ayat yang artinya, “Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersamanya bersikap tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi penuh kasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka ruku dan sujud mencari karunia Allah dan keridhoan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud.” (Q.S. Al-Fath [48] : 29).

Sebagian orang menerjemahkan ayat ini menjadi dahi yang menghitam karena keseriusan dan seringnya kita shalat ( wajib dan sunah ). Pertanyaan saya, apakah memang harus seperti itu ( dahi menghitam ) untuk membuktikan diri kita sebagai ahli shalat ?

Jawaban :

Bila kita buka sejumlah kitab tafsir Al-Quran, maka akan didapati bahwa pengertian atsar pada wajah yang disebutkan dalam hadits tersebut umumnya merujuk pada kualitas yang dipancarkan wajah. Ibnu Abbas menafsirkannya sebagai “perangai yang baik” dan Mujahid menafsirkannya sebagai “kekhusuan dan ketawadhuan”. Dan, seperti itu pula penafsiran dari ahli tafsir lainnya.

Atsar pada wajah bukan pada kondisi fisik ( kulit ) wajah karena dihawatirkan ada sebab lain ( hal tersebut terjadi ) selain karena rajinnya dalam shalat. Boleh jadi karena kualitas sajadahnya ( yang kasar ), kulitnya ( yang sensitif ), atau yang lainnya. Bukankah untuk kalangan perempuan, tanda hitam pada kening cukup jarang terjadi? Padahal, cukup banyak perempuan yang rajin shalat. Sementara, ayat di atas berlaku bagi bagi laki-laki dan perempuan. Wallahu a’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 05  Th. XIII Mei 2012 / Rajab 1433 H

Gambar : republika.co.id

ÖÖÖ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Ibadah, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s