Ketika Shalat Kita Tidak Diterima


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Shalat Ied di Sungai Kapuas, Pontianak

Sepengetahuan saya, dosa yang tidak diterima shalatnya selama 40 hari hanya minum minuman keras alias khamr dan pergi ke dukun. Adakah perbuatan lain yang bernilai dosa serupa? Lalu, selama shalat kita tidak diterima pahalanya tersebut, apakah kita tetap menjalankan shalat atau tidak ?

Jawaban :

Memang betul yang diungkapkan beberapa hadits Rasulullah bahwa seseorang yang melakukan perbuatan seperti yang Anda sebutkan akan mendapat balasan berupa tidak diterimanya shalat selama 40 hari. Logikanya, satu kali saja shalat ditinggalkan akan mendapat siksa, apalagi selama 40 hari yang setiap harinya shalat dikerjakan 5 kali. Jika dihitung berarti 40 dikali 5 sama dengan 200 kali shalat. Ini menunjukkan betapa besarnya dosa pergi ke dukun dan meminum minuman keras.

Tentunya, logika yang salah jika selama hukuman 40 hari shalat tidak diterima lantas tidak melakukan shalat sama sekali. Ini berarti kita mendapatkan dobel siksa, satu siksa karena pergi ke dukun atau mabuk dan satu dosa lagi karena meninggalkan shalat. Wallahu a’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 05  Th. XIII Mei 2012 / Rajab 1433 H                                                                                                                                                                           Gambar : Pintu Hikmah

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ketika Shalat Kita Tidak Diterima

  1. allahuakabar hamba takut ya allah,,,,,

  2. pak kyai hamba orng yg sering skali lalai,bagaimana caranya sehingga kita tidak lalai dlm menjalankan shalat 5waktu…ayah saya sering skali berkata “barang siapa yg meninggalkn shalt maka dy akan tinggal dineraka 40 thn lamanya”sedangkan kata ayah saya 1th diakhirat 1000thn didunia,,,apakah itu benar pak kyai????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s