Perlukah Diulang Pernikahan yang Dilangsungkan Ketika Mempelai Wanita Tengah Hamil ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, saya sudah menikah selama 10 tahun. Saya dinikahkan orangtua karena hamil di luar nikah. Apakah saya selama ini termasuk berzina dengan suami karena yang saya tahu wanita hamil tidak boleh dinikahkan? Lalu, apakah saya harus menikah ulang? Bagaimana kalau perekonomian kami tidak mampu untuk menikah ulang? Atas penjelasannya, saya ucapkan terima kasih.

Jawaban :

Secara umum, menikahi wanita hamil (baik dengan cara sah apalagi dengan cara tidak sah) adalah terlarang meski ada juga sebagian ulama yang membolehkannya. Untuk wanita yang hamil karena perzinaan, maka diupayakan agar yang menikahinya adalah yang menzinainya. Dan, terlarang bagi seorang laki-laki suci untuk menikahi wanita zina, baik belum hamil apalagi sudah hamil. Kebanyakan orangtua saat ini memang bersegera menikahkan anaknya yang sudah kedapatan hamil agar bisa menutupi aib keluarga.

Jika berpegang pada pendapat yang melarangnya, maka pernikahan itu tidak sah dan akad pun harus diulang kembali. Alasan ekonomi tidak menjadi soal karena akad tidak membutuhkan biaya besar. Untuk walimahnya, cukup dilakukan secara sederhana sesuai kemampuan. Kalau kita berpegang kepada pendapat yang membolehkan, maka tidak menjadi masalah menikahi wanita yang sedang hamil, sehingga tidak perlu ada pengulangan. Imam Nawawi memberi jalan tengah, menikahi wanita hamil dan menggaulinya hukumnya makruh sehingga lebih baik jika dilakukan pernikahan ulang untuk lebih meyakinkan. Wallahu a’lam bishshawab ■

Sumber : Bedah Masalah, Majalah Percikan Iman, No. 02 Th. XIII Februari  2012 / Rabiul Akhir  1433 H

Gambar : http://www.infojajan.com
ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Keluarga, Pernikahan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perlukah Diulang Pernikahan yang Dilangsungkan Ketika Mempelai Wanita Tengah Hamil ?

  1. fariq ubaidillah says:

    Kompilasi Hukum Islam membolehkan menikahi wanita hamil dengan syarat adalah yg menghamilinya dan tidak perlu diulang akan nikah tersebut.

    ———————————————-

    Benar, memang masalah tersebut terjadi perbedaan pandapat sebagaimana diuraikan Dr. Aam Amiruddin di atas.

    Terima kasih.

  2. kailani says:

    refernsinya apa ustadz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s