Kok, Jumlah Ayat dalam Al-Quran tidak Genap 6.666 ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Teman saya yang non-Muslim bertanya mengenai jumlah pasti ayat Al-Quran. Kata dia, “Kok jumlahnya tidak 6.666, sih?” Setelah saya cek, memang jumlahnya tidak genap 6.666 ayat. Bagaimana ini, Ustadz?

Jawaban :

Para ulama sepakat mengatakan bahwa jumlah ayat Al-Quran lebih dari 6.200 ayat. Namun berapa ayat lebihnya, mereka masih berselisih pendapat. Ada yang mengatakan 6.205 ayat, 6.210 ayat, 6.214 ayat, 6.217 ayat, 6.220 ayat, 6.226 ayat, dan 6.236 ayat. Silang pendapat itu terjadi ketika menghitung sejumlah potongan kalimat sehingga ada yang berpendapat bahwa hal tersebut dianggap sebagai satu ayat sementara sebagian yang lain menyatakannya sebagai dua ayat.

Perlu ditegaskan di sini bahwa perbedaan penghitungan tersebut bukan sama sekali karena ada ayat yang dihitung atau tidak dihitung. Hal tersebut bukan pula karena ada suatu ayat yang tidak diketahui oleh ulama lain. Tidak sama sekali. Al-Quran senantiasa terjaga dari suatu kelemahan dan kesalahan. Hanya saja, sekali lagi perlu ditegaskan bahwa pendapat ulama terhadap satu potongan kalimat bisa berbeda ( ada yang menghitung satu ayat dan ada pula yang menghitungnya sebagai dua ayat ). Tentu saja, hal tersebut dengan tanpa mengubah isi dan kandungan Al-Quran itu sendiri.

Adapun, penetapan angka 6.666 bukan menunjukkan jumlah sebenarnya dan hanya semata untuk memudahkan kita untuk mengingatnya. Hal ini tentu tidak dapat dipersalahkan.  Wallahu a’lam bishshawab ■

Sumber : Bedah Masalah, Majalah Percikan Iman, No. 02 Th. XIII Februari  2012 /Rabiul Akhir  1433 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Al-Quran and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s