Menikahkan Muslimah yang Dihamili Lelaki Non-Muslim, Bagaimana hukumnya ?


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Bila seorang Muslimah dihamili oleh laki-laki non-Muslim (Kristen), bolehkah mereka dinikahkan dengan alasan hanya sebagai formalitas agar anak yang tengah dikandung memiliki status hukum ? Rencananya, setelah anak tersebut lahir mereka bercerai.

Ataukah, mereka tidak boleh dinikahkan sama sekali mengingat masuk Islamnya sang pria ( sebagai salah satu syarat nikah ) hanya untuk sementara? Bukankah menikah berbeda agama sama saja dengan berzina ?

Jawaban :

Islam secara tegas melarang setiap Muslimah menikah dengan pria non-Muslim, baik yang jelas-jelas ( ingin menikahinya) ataupun yang pura-pura. Perzinaan yang sempat terjadi antara Muslimah dan laki-laki non-Muslim tidak bisa menjadi alasan diperbolehkannya pernikahan antara keduanya. Satu-satunya jalan adalah Muslimah tersebut bertobat yang sesungguh-sunguhnya.

Jika di kemudian hari sang laki-laki non-Muslim diketahui masuk Islam secara sunguh-sungguh dan tidak ada kepura-puraan, maka segeralah keduanya dinikahkan. Memaksakan menikah dalam kondisi sang pria masih dalam keadaan kafir, hanya membuat Muslimah tersebut menumpuk-numpuk dosa karena perzinaan yang dilakukannya. Wallahu A’lam

Sumber : Bedah Masalah, Majalah Percikan Iman, No. 01 Th. XIII  Januari 2012 / Rabiul Awal 1433 H

Gambar : majalah.hidayatullah.com

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Keluarga, Pernikahan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s