Menyantap Makanan di Masjid


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, di masjid saya ada kebiasaan kalau sudah pengajian umum, DKM menyediakan hidangan santap malam untuk para jamaah. Kemudian mereka menyantap makanan di masjid. Apakah hal seperti ini dibolehkan ? Moohon dijelaskan disertai dalil-dalilnya.

Yanna @ … com

Jawaban :

Menurut hadits, ada dua hal yang tidak boleh dilakukan di dalam masjid.

Pertama, mengumumkan kehilangan. Misalnya, seorang pengurus masjid mengumumkan di depan jamaah, “siapa yang menemukan sebuah jam tangan merek X, maka dst…” Ini adalah perbuatan terlarang. Namun kalau mengumumkan penemuan, hal tersebut diperbolehkan, misalnya “telah ditemukan sebuah kaca mata merek Y, maka dst…” Hal seperti ini diperbolehkan.
Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mendengar di masjid orang mengumumkan barangnya yang hilang, maka doakanlah: “Mudah-mudahan Allah tidak mengembalikan barangmu, karena masjid tidak didirikan untuk itu.” ( HR. Muslim )

Kedua, melakukan transaksi jual-beli. Rasulullah saw. melarang melaksanakan transaksi jual-beli di dalam masjid, sedangkan kalau transaksi itu dilakukan di luar masjid (di teras atau halaman masjid, misalnya), hal ini tidaklah terlarang. Rasulullah saw bersabda, “Apabila kamu melihat orang melakukan transaksi jual-beli di dalam masjid, maka doakanlah :”Mudah-mudahan Allah tidak menguntungkan perdaganganmu!” (H.R. Nasa’i dan Tirmidzi).

Merujuk pada keterangan-keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa secara hukum tidak ada larangan menyantap makanan di masjid, asalkan bisa menjaga kebersihannya. Wallahu A’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Majalah Percikan Iman, No. 5 Th. II  Mei 2001/Shafar 1422  H

Gambar : mediaislamnet.com

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Akhlak, Ibadah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s