Proses Alami Terjadinya Kiamat


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, apakah benar kiamat itu terjadi karena proses alami yang sudah ditentukan oleh Allah dengan bukti mencairnya es di kutub utara dan selatan serta rotasi bumi yang setiap tahunnya bergeser. Bukankah terbitnya matahari dari arah barat merupakan ciri-ciri kiamat? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Jawaban :

Yang terjadi di muka bumi ini, baik berupa keteraturan ataupun kehancuran, adalah suatu proses yang ditetapkan oleh Allah Swt. Bumi yang mengitari matahari dan matahari bergerak di antara miliaran bintang dalam tata surya sebenarnya diatur oleh Allah. Semua benda-benda langit itu bergerak atas izin dan kuasa Allah dengan sistem yang telah ditetapkan oleh Allah pula. Jadi, tidak salah kalau ada yang mengatakan bahwa kiamat terjadi karena proses alami yang sudah ditentukan oleh Allah. Jangankan kiamat, daun yang lepas dari rantingnya saja terjadi karena kuasa dan sistem yang telah ditetapkan oleh Allah.

Perhatikan ayat berikut: “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya pula, dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata ( Lauhmahfuz ).” ( Q.S. Al-An’aam [6] : 59 )

Jadi jelas bahwa terjadinya kiamat adalah melalui sebuah sistem dan proses yang telah ditentukan oleh Allah Swt. Wallahu a’lam

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 01 Th. XII Januari 2011/Shafar 1432 H

                                                                                                                                                                              ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Aqidah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s