Kesetaraan Antara Laki-laki dan Perempuan


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, mohon dijelaskan bagaimana kedudukan perempuan dalam Islam. Kalau kedudukannya setara, lantas di mana letak kesetaraan antara keduanya? Terima kasih.

Jawaban :

Dalam pandangan Islam, laki-laki dan perempuan memiliki kesetaraan walaupun sudah dipastikan bahwa ada sejumlah perbedaan yang tidak bisa dihilangkan yang di antaranya adalah perbedaan biologis. Secara biologis, organ reproduksi perempuan terdiri dari indung telur, rahim, saluran rahim, dan lain sebagainya yang tidak terdapat pada laki-laki. Inilah yang difirmankan Allah Swt. dalam salah satu ayat surat Ali Imran.  “…dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan…” ( Q.S. Ali Imran [3] : 36 )

Jadi, secara biologis harus diakui bahwa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan meski untuk hal-hal yang bersifat hak-hak keduniaan dan keagamaan memiliki kesetaraan. Paling tidak ada empat kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam Islam, yaitu pertama, kesetaraan dalam peluang untuk berbuat kebajikan dan mendapatkan pahala atas kebajikan tersebut. Allah Swt berfirman, “… Sesungguhnya Aku tidak akan menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu baik laki-laki ataupun perempuan…” ( Q.S. Ali Imran [3] : 195 )

Kedua, kesetaraan dalam pengampunan. Karena baik laki-laki atau perempuan tidak ada yang steril dari dosa, maka Allah membuka pintu maaf bagi mereka yang terjerumus dosa dan memohon ampun-Nya. Peluang Allah Swt dalam memberikan ampunan sama besar, baik kepada laki-laki maupun perempuan.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusu, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut ( nama ) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” ( Q.S. Al-Ahzab [33] : 35 )

Ketiga, kesetaraan dalam kewajiban mencari ilmu. Dalam salah satu firman-Nya disebutkan, “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang menciptakan.” ( Q.S. Al-‘Alaq [96] : 1 )

Ayat tersebut di atas adalah perintah kepada seluruh umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, untuk selalu belajar. Dari ayat tersebut tercermin bahwa Islam mengajarkan kesetaraan dalam pendidikan dan kesetaraan dalam kewajiban mencari ilmu.

Keempat, kesetaraan bidang-bidang sosial kemasyarakatan. Laki-laki dan perempuan memiliki peluang yang sama untuk maju dalam ranah publik selama memiliki kapasitas untuk melakukannya, seperti menjadi dosen, guru, rektor, walikota, gubernur, bahkan sampai level presiden sekalipun.

Nah berkaca dari keempat hal tersebut di atas, kita tidak perlu mengkontradiktifkan antara pria dan wanita karena memang keduanya memiliki sejumlah kesetaraan meski harus diakui pula mereka memiliki sejumlah perbedaan yang tidak bisa digugat. Jadi, antara pria dan wanita haruslah saling melengkapi. Hubungan di antara keduanya harus bersifat komplementer dan bukan kontradiktif. Wallahu a’lam

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 01 Th. XII Januari 2011/Shafar 1432 H

                                                                                                                                                                             ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Akhlak, Muamalah, Syariah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s