Menceritakan Aib Orang Lain


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, saya punya teman di kantor namanya A. Lalu datang B pada saya meminta pendapat tentang si A yang mau melamarnya. Bolehkah saya menyebutkan apa adanya tentang keburukan-keburukan si A kepada si B ? Saya tidak berniat membuka aib A, namun saya berniat ingin menyelamatkan B agar tidak tertipu.

Alifa via E-mail

Jawaban :

Fatimah binti Qais pernah meminta penialaian kepada Nabi saw. tentang dua orang laki-laki yang akan melamarnya. Nabi saw. menjawab, “Sesungguhnya laki-laki yang pertama sangat miskin dan tidak mempunyai pekerjaan. Sedangkan laki-laki kedua, sering memukul perempuan.”

Bertolak dari kasus ini cukup jelas bahwa kita tidak dilarang menyebutkan aib orang lain dengan niat supaya tidak timbul korban berikutnya. Kalau kita pernah ditipu oleh A, lalu B bertanya kepada kita tentang perilaku A, maka tidak berdosa kita bicara apa adanya tentang penipuan yang pernah dilakukan A. Wallahu A’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Majalah Percikan Iman, No. 03 Th. V Maret 2004 / Muharram 1425 H                                                                                                                                                                  Judul asli : Merinci Aib Orang Lain

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Akhlak and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s