Cara Menghitung Zakat Tabungan


Oleh : Ustadz Ahmad Hasan Ridwan

Bagaimana cara menghitung zakat tabungan di mana saldonya selalu berubah tiap bulan? Mengingat hal ini penting bagi saya, maka mohon penjelasan. ( 08128147xxx )

Jawaban :

Tabungan atau deposito yang disimpan di bank pada hakikatnya adalah investasi usaha, kecuali tabungan dan deposito yang benar-benar diakadkan sebagai titipan ( deposito wadi’ah ), sehingga dikenai wajib zakat. Zakatnya mengacu ke nilai pokok investasi, bukan kepada bunga atau bagi hasil.

Perhitungan zakatnya adalah setahun sekali dikeluarkan sebesar 2,5% kali nilai pokok tabungan/deposito. Misalnya nilai deposito 5 juta, maka zakatnya berarti 5 juta kali 2,5%. Bunganya atau bagi hasilnya tidak termasuk dalam hitungan pokok investasi. Untuk tabungan dengan nilai yang tidak tetap karena sering terjadi penyetoran dan pengambilan, maka zakatnya 2,5% kali saldo rata-rata tabungan

Sumber : Forum Dialog ZIS, Pikiran Rakyat, Selasa, 2 November 2004 / 19 Ramadhan 1425 H

Judul dari Admin

  • Drs. H. Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag , Lembaga Amil Zakat Baitul Maal MUI Bandung

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ahmad Hasan Ridwan, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s