Bagaimana Zakat Mobil Rental ?


Oleh : Ustadz Ahmad Hasan Ridwan

Saya memiliki 7 mobil sewaan, apakah zakatnya dihitung dari nilai penyusutan tiap mobil per tahun dan apakah untuk ukuran “haul”-nya dihitung dari tiap mobil atau seluruh jumlah mobilnya ? ( 08121456xxx )

Jawaban :

Usaha rental mobil dikenai kewajiban zakat, karena termasuk modal yang bergerak, sebagaimana hadis Nabi yang diriwayatkan Samra bin Jundab, “Rasulullah saw memerintahkan kami agar mengeluarkan zakat dari segala yang kita peruntukkan untuk diperjualbelikan.” ( H.R. Abu Daud ).

Kemudian, modal untuk usaha rental mobil bisa dihitung secara jelas dan zakatnya mengacu ke pokok modal usaha yaitu harga pembelian mobil. Untuk menentukan pokok modal realistis bagi uasaha rental mobil adalah dengan membagi harga perolehan mobil dengan masa laik pakai kendaraan.

Secara ekonomis, biasanya kendaraan dihitung laik pakai ( nilai ekonomi ) untuk jangka waktu lima tahun ( depresiasi ). Dengan demikian, pokok modal realistis adalah harga perolehan dibagi lima tahun. Sebagai gambaran perhitungan zakatnya adalah, jika harga pembelian mobil Rp. 150 juta, maka pokok modal usahanya berarti Rp 150 juta dibagi lima tahun = Rp 30 juta. Jadi nilai zakatnya per tahun adalah 2,5% x Rp 30 juta = Rp 750 ribu. Dan jika jumlah mobil sebanyak 7 kendaraan diasumsikan harganya sama, maka secara keseluruhan zakatnya adalah 7 x Rp 750 ribu = Rp 5.250.000

Sumber : Forum Dialog ZIS, Pikiran Rakyat, Selasa, 2 November 2004 / 19 Ramadhan 1425 H

  • Drs. H. Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag , Lembaga Amil Zakat Baitul Maal MUI Bandung

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ahmad Hasan Ridwan, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s