Berzikir Saat Datang Bulan


Oleh : KH Ali Yafie

Saya ingin bertanya soal zikir.

  1. Bolehkah wanita yang sedang datang bulan berzikir setiap waktu, seperti bershalawat,   beristighfar, bertasbih, bertahmid, bertakbir dan sebagainya ?
  2. Apakah rambut yang rontok saat wanita sedang datang bulan harus dikumpulkan dan saat mandi keramas harus disucikan ?
  3. Bagaimana hukumnya bila berjalan di depan orang yang sedang shalat ? Sebab di Hongkong banyak sekali orang yang melaksanakan shalat di pinggir jalan umum.

Mohon penjelasannya dari Bapak, dan saya ucapkan banyak terima kasih.

Dwi, Hongkong

Jawaban :

  1. Yang dilarang agama adalah menyentuh al-Qur’an atau membawanya. Firman Allah swt, “Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” ( QS Al-Waqi’ah : 79 )                                                                                                                                                                     Yang dinamakan al-Qur’an itu standarnya ya mushaf tanpa terjemahan. Itu saja. Karena itu, tidak dilarang menghafal atau  membaca terjemahan.

Jadi kalau menghafal al-Qur’an atau membaca terjemahan saja diperbolehkan, maka bershalawat, beristighfar, bertasbih, bertahmid dan sebagainya tetap boleh-boleh saja asalkan pada tempat yang semestinya.

  1. Soal rambut, harus dibedakan, rontok dengan sendirinya atau sengaja dirontokkan.

Rambut yang rontok sendiri tidak masalah. Artinya tidak ada keharusan untuk mengumpulkannya lalu membersihkannya saat mandi besar.

Akan tetapi kalau rambut yang disengaja dirontokkan, — seperti dipotong – maka harus dikumpulkan kemudian ikut dicuci saat mau bersuci. Karena itu perempuan yang memotong kuku atau memotong rambut, harus dikumpulkan dan pada saatnya nanti ikut dibersihkan. Sebaiknya jauh lebih aman melakukan pemotongan – baik rambut maupun kuku – dalam kondisi suci saja.

  1. Kalau kondisinya darurat tidak masalah. Di Arab juga demikian.    Coba lihat saja kalau   musim haji ! Itu darurat dan tidak bisa dihindari. Tetapi kalau bisa dihindari, memang lebih baik menghindari orang yang sedang melakukan shalat

Sumber : Konsultasi Fiqih, Majalah Hidayah, Edisi 125, Januari 2012

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ali Yafie, Fiqih and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Berzikir Saat Datang Bulan

  1. putri wahida says:

    Apakah boleh berwudhu saat haid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s