Nikah Secara Kristiani


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Saya dan istri baru masuk Islam empat bulan lalu. Persoalannya, bagaimana dengan pernikahan kami, apakah perlu diulangi lagi, karena delapan tahun lalu kami menikah di gereja secara kristiani.

Ridwan@yahoo.com

Jawaban :

Dalam hadits riwayat Ibn Majah, bab Kitabun-Nikah, jilid 2 hal 268 hadits nomor 1953 disebutkan, seseorang bernama Ghalayan masuk Islam dan ia mempunyai empat isteri. Rasulullah memerintahkan untuk tetap mempertahankan pernikahannya. Jadi Rasulullah tidak memerintahkan untuk memperbarui pernikahannnya.

Selain riwayat tersebut masih banyak keterangan yang menyebutkan, di antara shahabat Rasulullah saw saat masuk Islam sudah menikah bahkan beranak pinak, namun tidak ada keterangan yang menyebutkan bahwa Rasulullah saw. menyuruh mereka untuk mengulangi lagi pernikahannya secara Islam, padahal saat mereka menikah tidak secara Islam.

Bertolak dari fakta historis ini bisa disimpulkan, pernikahan Bapak tidak perlu diulangi lagi. Wallahu A’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Majalah Percikan Iman, No. 7 Th. III  Juli 2002 / Rabiul Tsani 1423 H

             ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Fiqih, Keluarga, Pernikahan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s