Tentang Qarin


Oleh : M Quraish Shihab

Saya mohon penjelasan mengenai qarin ( pendamping ). Apakah istilah tersebut ada dalam Al-Quran atau Hadis ?

Atas penjelasan Bapak, saya sampaikan terima kasih.

Andrian, Jakarta

Jawaban :

Istilah qarin ditemukan dalam Al-Quran dan Hadis. Dalam Al-Quran surah Az-Zukhruf (43) : 36, Allah berfirman, “Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), Kami adakan baginya setan ( yang menyesatkan ) maka setan itulah yang menjadi qarin ( teman yang selalu menyertainya ).”

Dalam Hadis ditemukan sabda Nabi SAW yang menyatakan,”Tidak seorang pun di antara kamu kecuali telah ditetapkan bersamanya qarin  ( pendamping dari jenis makhluk jin / setan ). Para sahabat bertanya,’Walau engkau wahai Rasul Allah ?” Aku pun demikian, hanya saja Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku sehingga aku selamat atau ( dengan terjemahan yang lain ) sehingga ia memeluk Islam.”

Qarin itulah – seperti ditegaskan oleh Hadis di atas — yang membisikkan pikiran-pikiran buruk dalam hati manusia. Di tempat lain Rasul SAW menamakan bisikan itu sebagai lammah syaithaniyah.  Ada juga lammah malakiyah , yakni dorongan malaikat . Memang kita sering kali mendapatkan kedua dorongan, baik dan buruk dalam jiwa kita.

Kata qarin disebut juga dalam QS Qaf ( 50 ) : 23. Di sana Allah melukiskan keadaan orang kafir di hari kemudian bahwa,”Dan berkata qarin / temannya : inilah di sisiku telah tersedia.” “Lemparkanlah oleh kamu berdua wahai malaikat ke dalam jahananm semua yang sangat ingkar dan keras kepala.”

Kata qarin  di sini dipahami oleh sebagian ulama dalam arti setan yang menyertai manusia waktu di dunia. Dialah yang berkata,” Orang kafir yang ada di sisiku ini telah siap untuk dimasukkan ke dalam neraka, karena aku telah menyesatkannnya.” Ada juga yang berpendapat bahwa qarin  yang dimaksud di sini adalah malaikat penggiring manusia ke neraka. Demikian Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 6 Agustus 2004 /  19 Jumadil Akhir 1425 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Aqidah, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s