Godaan Iblis terhadap Adam


Oleh : M Quraish Shihab

Saya pernah menanyakan tentang manusia dan setan pada ustadz pembimbing agama saya. Setan adalah makhluk yang lebih dulu turun ke bumi daripada manusia. Pertanyaan saya, apakah setan mampu memasuki surga lagi untuk menggoda Adam, setelah diusir Allah dari surga ?

Bambang Irawan, Palembang

Jawaban :

Pertanyaan Anda menyangkut setan atau iblis yang menggoda Adam di surga seringkali diajukan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa manfaat mengetahuinya tidak terlalu banyak. Walau demikian, perlu Anda ketahui, bahwa memang menurut QS Al-A’raf ayat 13 dan 18, iblis diperintahkan Allah untuk keluar dari surga, ketika itu Adam dan Hawa masih di sana. Setelah keduanya tergoda, baru Allah memerintahkan mereka meninggalkannya menuju ke bumi.

Godaan setan kepada Adam dan Hawa tidak dijelaskan oleh Al-Quran. Apakah itu dilakukan setan di dalam surga atau tidak. Kalaulah kita berasumsi bahwa setan tidak mampu masuk ke surga lagi untuk menggoda, walaupun hal ini tidak ada dasarnya yang kuat, maka bisa saja rayuan dan godaan itu dilakukannya dari luar surga, dengan lambaiannya atau dengan rayuan suaranya yang terdengar oleh Adam dan Hawa ■

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 21 Maret 1997 /  12 Dzulqaidah 1417 H

  • Judul dari admin

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Aqidah, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s