Bolehkah Menafsirkan Al-Quran ?


Oleh : M Quraish Shihab

Apakah menurut Bapak saya boleh menafsirkan Al-Quran agar saya lebih meyakininya ?

Bambang Irawan, Palembang

Jawaban :

Menyangkut  pertanyaan Anda tentang menafsirkan Al-Quran, saya tidak dapat menjawabnya. Namun, perlu Anda ketahui, bahwa setiap disiplin ilmu termasuk tafsir Al-Quran, mensyaratkan adanya kemampuan tertentu untuk menanganinya,

Anda tidak dibenarkan mengobati seseorang, jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang kedokteran / pengobatan. Uraian saya tentang astronomi, misalnya, kemungkinan besar keliru, karena saya bukan ahli dalam bidang itu, kecuali jika uraian itu saya kutip dari ahlinya.

Nah, jika Anda memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan olah pakar-pakar tafsir, antara lain pengetahuan tentang bahasa Al-Quran, kaidah-kaidah keagamaan, metodologi penafsiran, pengetahun tentang materi yang dibicarakan Al-Quran dan sebagainya, maka tidak ada halangan bagi Anda unutk menafsirkan Al-Quran.

Tetapi kalau syarat-syarat itu tidak Anda penuhi, maka Anda terancam dengan sabda Nabi,”Siapa yang menafsirkan Al-Quran dengan nalarnya (tanpa memenuhi persyaratan), maka dia boleh mengambil tempatnya di neraka.”

Jika Anda tidak memenuhi persyaratan itu, dan Anda ingin berbcicara tentang tafsir, saya menganjurkan agar Anda membaca keterangan para penafsir, kemudian mengemukakannya sebagai pendapat mereka, bukan pendapat pribadi Anda ■

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 21 Maret 1997 /  12 Dzulqaidah 1417 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s