Konsultasi kepada Paranormal


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, saya seorang akhwat berusia 32 tahun, hingga hari ini saya belum mendapatkan jodoh. Paman saya menyarankan agar saya datang ke paranormal. Bagaimana hukumnya berkonsultasi kepada paranormal ?

Nisa @ … Com

Jawaban :

Kalau  kita merasa sudah cukup untuk menikah, lalu berusaha mencari calon pasangan yang kira-kira cocok untuk diri kita, itu merupakan amal yang mulia, sebab secara sunnatullah kita membutuhkan pasangan. Namun kita pun harus sadar bahwa jodoh ada di tangan Allah swt., kita hanya diwajibkan berusaha.

Ikhtiar yang kita lakukan tentunya harus mengikuti rambu-rambu yang telah ditetapkan. Bertanya masalah jodoh atau tentang hal-hal gaib lainnya kepada paranormal, haram hukumnya. Perhatikan keterangan berikut:

“Barangsiapa mendatangi seorang peramal, kemudian menanyakan sesuatu kepadanya, maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari.” ( H.R. Muslim )

Abu Hurairah r.a. berkata, Nabi saw. bersabda, “Barangsiapa mendatangi seorang dukun kemudian mempercayai apa yang dikatakannya, maka ia telah mengkufuri apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.” ( H.R. Muslim )

“Barangsiapa yang mendatangi peramal ( paranormal ) atau dukun, kemudian mempercayai apa yang telah mereka katakan, maka ia telah mengufuri apa yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.” ( H.R. Abu Daud )

“Tidak termasuk golonganku, yaitu orang yang meramal nasib dan minta diramal nasibnya, atau yang mempraktekkan perdukunan atau minta didukunkan, atau yang minta sihir atau disihirkan untuknya. Barangsiapa yang pergi kepada seorang dukun dan mempercayai apa yang dikatakannya, maka ia telah mengkufuri apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.”  ( H.R. Bazar )

Kesimpulannya, kita diperintahkan untuk berusaha mendapatkan jodoh yang saleh. Namun, upaya yang dilakukan harus islami. Bertanya masalah jodoh kepada dukun  atau paranormal hukumnya haram ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 2 Th. III Februari 2002 / Dzulqo’dah 1422 H

            ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Aqidah and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Konsultasi kepada Paranormal

  1. Ali Hasan says:

    Lalu kenapa di koran2,banyak paranormal yg berbasis Islam yg dibiarkan? Meramal dng mengucapkan ayat2 AlQuran?

    • Ki Gondrong says:

      Betul bro Ali,,gmn tu hukum nya..???!

      ——————————————————–

      Jawaban Dr Aam Amiruddin di atas sudah sangat jelas. Terima kasih.

  2. Memang membingungkan, tapi rasanya semua ada dasarnya masing-masing.

  3. fani ara says:

    Saya fani saya menjalin kasih dengan cowo bernama kurnasin tapi sekarng hubung y lagi renggang karena ada salah paham aku cuma mau apa dia bakal balik lagi g k aku

  4. Bagaiman cra mlunasi hutang dgn cepat.sy bingung .krna tgl 4 bsok.hutng sy hrs d lunasi.aedngkn uang blm ad..trs sdngkn orng yg nagih hitang sdh mendesak2

  5. taufik says:

    pengen cari jodoh

  6. taufik says:

    pengn dapet jodoh cantik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s