Antara Doa dan Takdir


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, benarkah doa dapat mengubah takdir seseorang?

Jawaban :

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu hadits berikut ini. “Tiada sesuatu yang dapat menolak takdir kecuali doa dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya.” ( H.R. Tirmidzi dan Hakim )

Dari hadits tersebut, kita dapat menyimpulkan betapa doa memiliki kekuatan yang tak terhingga bagi setiap Muslim. Itulah sebabnya kenapa kemudian doa merupakan senjata orang yang beriman dalam perjuangannya untuk mencapai tujuan hidup.

Doa merupakan cahaya yang dapat mengubah kehidupan seorang Muslim ke arah yang lebih baik. Artinya, doa mampu mengubah takdir atau nasib manusia dari kehidupan sengsara menjadi berbahagia serta dari miskin menjadi kaya.

Doa merupakan pemicu untuk mengaktualisasikan potensi diri dalam bentuk aktivitas, aksi, dan ikhtiar dalam mewujudkan cita-cita.

Doa merupakan faktor spiritual yang merupakan sumber energi yang sangat hebat sebagai pembangkit harapan, semangat, serta jaminan untuk meraih yang dicita-citakan. Artinya, doa merupakan bagian dari faktor yang efektif dalam kehidupan seorang mukmin yang berpengaruh atas perubahan nasib manusia untuk berpindah dari takdir buruk kepada takdir yang baik. Wallahu a’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 03 Th. XIII Maret 2012 / Jumadil Ula 1433

                                                                                                                                                                         ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Aqidah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s