Memukul Bedug Bukan Pengganti Adzan


Oleh : KH. Athian Ali Moh. Da’i

Karena bedug itu berasal dari kaum Yahudi, bagaimana dengan orang yang memukulnya setiap menjelang adzan shalat fardlu ?

Taryo Engkosmana, Ciamis

Jawaban:

Memukul bedug atau, bila dalam bulan Ramadhan, membunyikan sirene yang menandakan waktu shalat atau berbuka puasa dan menjelang imsak, memang tidak pernah dicontohkan Rasulullah Saw. Satu-satunya yang disyariatkan untuk memberitahukan tibanya waktu shalat adalah adzan.

Sepanjang memukul bedug dan membunyikan sirene tidak dimaksudkan sebagai pengganti adzan yang disyariatkan dan bersih dari pengaruh keyakinan di luar Islam, maka masalah ini sebaiknya tidak perlu dibesar-besarkan sehingga menimbulkan perpecahan di kalangan umat.

Bagi yang masih melaksanakan hal tersebut, bahwa dalam kehidupan di zaman yang sudah begini sangat maju khususnya dalam teknologi komunikasi dengan peralatan yang sangat canggih, seperti pengeras suara, maka adzan yang dikumandangkan kiranya sudah cukup untuk maksud pemberitahuan akan tibanya waktu shalat, sehingga tidak akan memerlukan bentuk-bentuk lainnya

Sumber : Keluarga Sakinah, Hikmah,  Minggu I – Juni 1995 / 3 – 9 Muharram 1416 H

Judul dari admin

 ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Athian Ali M. Da'i, Fiqih, Ibadah, Shalat, Syariah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s