Hajinya Koruptor Tertolak


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, bagaimanakah hukumnya kalau kita berhaji dengan menggunakan harta dari hasil korupsi? Mohon penjelasannya, Ustadz.

Hamba Allah

Jawaban :

“… Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.“ ( QS al-Baqarah [2] : 197 ). Substansi berhaji adalah perjalanan menjumpai Allah SWT di bait-Nya dengan penuh harap agar diperkenankan dan diterima sebagai tamu-Nya, guna mendapatkan limpahan rahmat dan ampunan-Nya.

Sebagai tuan rumah, Allah hanya menerima para tamu yang datang berbekal ketakwaan. Di antara bekal takwa, yaitu harta yang cukup untuk dirinya sendiri dan keluarga yang ditinggalkan dari jalan halal, hal ini termasuk bagian penting dari kategori mampu dalam berhaji. Banyak orang berhaji tidak mendapatkan haji mabrur tetapi sebaliknya haji mardud ( tertolak ). Mereka berhaji dengan uang haram.

Dalam kajian fikih, orang yang melaksanakan ibadah haji dengan harta yang didapat dari korupsi dan menjarah uang rakyat, menurut jumhur ulama, hajinya sah dan hilang darinya kewajiban haji yang diperintahkan Allah. Tetapi, Allah tidak akan menerima ibadah hajinya dan tidak akan mendapatkan balasan dari-Nya. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 2 Maret 2012 / 9 Rabiul Akhir 1433 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Haji, Ibadah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s