Adzan dan Disiplin dengan Waktu


Oleh : KH. Athian Ali Moh. Da’i

Di daerah kita banyak masjid, tiap tibanya waktu shalat ramai sekali dengan suara adzan memakai pengeras suara. Sedangkan kata Nabi setiap kita mendengar suara adzan kita harus mengikutinya. Dalam hal ini kita tidak mungkin mengikuti semua yang adzan itu.

Nah, sekarang suara adzan yang mana yang harus kita ikuti ? Karena ada yang mengatakan, yang harus diikuti itu yang paling dulu adzannya, benarkah itu ?

Sekian pertanyaan saya, semoga pertanyaan saya ini bermanfaat bagi para pembaca.

H.S.B. Kuningan, Jabar

Jawaban:

Ironis memang, sampai dengan saat ini masih saja ada sementara saudara-saudara kita yang belum berdisiplin dengan waktu, khususnya dalam melaksanakan ibadah lewat melaksanakan adzan,yang dimaksudkan sebagai upaya pemberitahuan kepada orang lain, bahwa saat kewajiban melaksanakan shalat telah tiba.

Kelalaian dalam hal ini, tidak jarang berakibat membingungkan bagi sementara orang yang ingin melaksanakan shalat di awal waktu. Di samping itu juga membingungkan  adzan yang mana yang harus dijawab ( diikuti bacaannya )  sesuai dengan perintah Allah SWT.

Untuk menghilangkan keraguan tersebut, lewat rubrik ini saya himbau saudara-saudara kita pengurus DKM agar berdisiplin diri dengan waktu, sehingga tidak membingungkan bahkan menyesatkan orang lain bila sampai terjadi dikumandangkan adzan sebelum waktunya sehingga membuat orang lain akhirnya melaksanakan shalat sebelum waktunya tiba.

Sementara menunggu kesadaran saudara-saudara kita dalam hal ini, saudara cukup satu kali saja mengikuti bacaan-bacaan adzan yang dikumandangkan oleh pengurus DKM di masjid atau lewat layar kaca dan RRI yang Saudara yakin tepat pada waktunya. Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Keluarga Sakinah, Hikmah,  Minggu Ke-2 – November 1994 / 7 – 13 Jumadil Tsaniyah 1415 H

 Judul dari admin

  ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Athian Ali M. Da'i, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s