Sudah Membayar Pajak Wajibkah Berzakat ?


Oleh : K.H. Miftah Faridl & K.H. Hilman Rosyad Syihab

Gaji saya setiap bulan sudah mencapai nisab zakat profesi, dan ada kewajiban membayar pajak. Apakah saya masih wajib zakat ? Apabila zakatnya diberikan kepada orang tua / adik sahkah atau tidak ?             ( +628122344xxx )

Jawaban :

Zakat dan pajak adalah dua hal yang berbeda, walaupun keduanya sama-sama dikeluarkan dari harta kita sebagai sebagai sebuah kewajiban.

Pajak adalah ketentuan yang dibuat pemerintah dan membayarnya adalah bukti ketaatan warga negara terhadap pemimpinnya. Sedangkan zakat adalah ketentuan yang dibuat Allah SWT, yang merupakan bagian dari keutuhan Islam.

Zakat hukumnya wajib bagi setiap Muslim yang memenuhi syarat untuk membayar zakat. Membayar zakat adalah bukti ketaatan seorang hamba terhadap Allah SWT. Maka zakat dan pajak tidak bisa diidentikkan dan tidak bisa saling menggantikan. Kecuali bila pemerintahan sebuah negara mengambil kebijakan bahwa pembayaran zakat bisa dijadikan pengurang dari kewajiban pembayaran pajak, seperti yang terjadi pada negeri kita. Hanya saja aplikasi kebijakan itu belum sepenuhnya optimal berjalan.

Bagi orang tua atau orang yang menjadi tanggungan hidupnya, maka baginya tidak berhak atas zakat yang ditunaikannya. Sebaiknya untuk mereka disisihkan dari sebagian pendapatan 97,5%-nya, insya Allah harta tidak akan berkurang karena disedekahkan / diinfakkan. Dan lebih utama zakat diserahkan melalui amil zakat ( LAZ / BAZ ) agar pendayagunaannya lebih optimal dan penyalurannya lebih tepat sasaran ■

 Sumber : Konsultasi Maal, Pikiran Rakyat, Selasa, 13 Juli 2004 / 25 Jumadil Awal 1425 H

  • Dr. K.H. Miftah Faridl & K.H. Hilman Rosyad Syihab, Lc. — Dewan Syari’ah Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid ( DPU DT )

ØØØ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Miftah Faridl & Hilman Rosyad Syihab, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s