Membesuk Non-Muslim


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya mempunyai teman kerja yang non-Muslim. Jika dia dan anggota keluarganya sakit, saya juga datang menjenguk, menghiburnya, dan mendoakan supaya cepat sembuh. Bagaimana hukumnya, Ustadz?

Hamba Allah

Jawaban :

Islam menganjurkan umatnya berbuat baik dan adil kepada orang-orang kafir selama mereka tidak memusuhi dan mengusir umat Islam dari tanah airnya, termasuk menjenguk non-Muslim, baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Ulama membagi masalah menjenguk non-Muslim yang sakit menjadi dua.

Pertama, jika menjenguk non-Muslim yang sakit itu adalah karena ada hubungan kekerabatan, tetangga, teman, atau karena ada maslahat yang ingin dicapai, seperti mengharapkan dia mendapat hidayah Islam. Dalam hal ini, jumhur ulama membolehkannya. Bahkan, Mazhab Syafi’i berpendapat bahwa sunah hukumnya menjenguk non-Muslim jika ada maslahat di dalamnya.

Kedua, jika dalam menjenguk non-Muslim yang sakit itu tidak ada maslahat apa pun. Dalam hal ini, jumhur ulama juga membolehkan untuk menjenguk non-Muslim yang sakit tersebut. Sedangkan, Mazhab Hanbali mengharamkannya dan dalam riwayat lain makruh.

Pendapat yang kuat adalah boleh menjenguk non-Muslim yang sakit secara umum. Dan, lebih dianjurkan jika yang sakit itu adalah kerabat, tetangga, atau teman orang yang menjenguk. Itulah yang dicontohkan.

Adapun mendoakannya agar cepat sembuh atau agar sukses serta mendapatkan hidayah, hukumnya tidak apa-apa dan dibolehkan. Yang diharamkan adalah mendoakan orang kafir agar mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT ( QS at-Taubah [9] : 113 ).
Wallahu a’lam ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 18 Februari 2012 / 25 Rabiul Awal 1433 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s