Jika Bacaan Imam Panjang


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, dalam shalat sirriyah, seperti Zhuhur dan Ashar, jika bacaan imam dalam shalat-shalat itu panjang, sedangkan makmum sudah selesai membaca al-Fatihah dan satu surah dalam rakaat pertama dan kedua, atau telah selesai membaca al-Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat maka apa yang dibaca makmum dalam menunggu imam untuk rukuk, Ustadz?

Hamba Allah

Jawaban :

Rasulullah mengajarkan kepada kita, baik imam maupun makmum, bahwa dalam shalat sirriyah ( yang bacaannya tidak dikeraskan ), yaitu Zhuhur dan Ashar, diperintahkan untuk membaca al-Fatihah dan apa yang mampu kita baca dari ayat-ayat Al-Quran pada rakaat pertama dan kedua. Ketentuan ini seperti dijelaskan dalam hadis Nabi.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abi Qatadah dari bapaknya, ia berkata, “Rasulullah pada dua rakaat pertama dalam shalat Zhuhur membaca al-Fatihah dan dua surah, beliau memanjangkan pada rakaat pertama dan memendekkan pada rakaat kedua, dan terkadang beliau memperdengarkan bacaannya. Dalam shalat Ashar, beliau membaca al-Fatihah dan dua surah, serta memanjangkan pada rakaat yang pertama. Demikian pula dalam shalat Subuh, beliau memanjangkan bacaan pada rakaat pertama dan memendekkan pada rakaat kedua.“ ( HR Bukhari ).

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abu Qatadah dari bapaknya, ia berkata, “Rasulullah pada dua rakaat pertama dalam shalat Zhuhur dan Ashar membaca al-Fatihah dan surah masing-masing, terkadang beliau memperdengarkannya kepada kami ayat yang dibacanya.“ ( HR Bukhari ).

Dalam riwayat lain disebutkan, dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Kami membaca al-Fatihah dan surah pada shalat Zhuhur dan Ashar di belakang imam pada dua rakaat pertama dan pada dua rakaat terakhir membaca al Fatihah saja.” ( HR Ibnu Majah ). Imam dan makmum juga boleh membaca lebih dari satu surah pada rakaat pertama dan kedua dalam shalat Zhuhur dan Ashar.

Sedangkan, untuk rakaat ketiga dan keempat maka pada dasarnya cukup dengan membaca al-Fatihah. Diriwayatkan dari Abu Qatadah bahwa ‘’Nabi pada dua rakaat pertama dalam shalat Zhuhur dan Ashar membaca al-Fatihah dan satu surah terkadang beliau memperdengarkannya kepada kami ayat yang dibacanya dan pada dua rakaat terakhir hanya membaca al-Fatihah.” ( HR Muslim ).

Tapi, tidak ada larangan bagi kita untuk menambah dengan membaca surah atau ayat Al-Quran setelah membaca al-Fatihah. Bahkan, diriwayatkan dari Nabi bahwa beliau membaca lagi ayat-ayat Al-Quran setelah al-Fatihah pada dua rakaat terakhir dalam shalat Zhuhur dan Ashar.

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri bahwa Nabi pada dua rakaat pertama shalat Zhuhur membaca sekitar 30 ayat untuk tiap-tiap rakaat dan pada dua rakaat terakhir kira-kira 15 ayat untuk tiap rakaat atau setengahnya. Sedangkan, pada dua rakaat pertama shalat Ashar, beliau membaca kira-kira 15 ayat tiap rakaat dan pada dua rakaat terakhir kira-kira setengahnya. ( HR Muslim ).

Dari hadis-hadis di atas, dapat kita ketahui bahwa jika makmum telah selesai membaca satu surah pada rakaat pertama dan kedua atau selesai membaca al-Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat, sedangkan imamnya belum rukuk maka hendaklah makmum itu tidak diam saja menunggu imamnya rukuk. Tapi, sebaiknya dia menggunakan kesempatan itu untuk memperbanyak bacaannya.

Sehingga, hal itu membantunya untuk tetap khusyuk dalam shalatnya dengan mentadaburi apa yang dibacanya dan tidak membiarkan pikirannya melayang memikirkan apa yang membuatnya lalai mengingat Allah SWT dalam shalatnya. Padahal, shalat merupakan kesempatan terbaik baginya untuk berzikir dan mendekatkan diri kepada-Nya. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 15 Februari 2012 / 22 Rabiul Awal 1433 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s