Penyakit Obsesif-Kompulsif


Oleh : Zakiah Daradjat

Saya mempunyai seorang adik yang gemar melakukan sesuatu perbuatan secara berulang-ulang. Ibu pernah mengajaknya ke seorang psikiater. Menurut psikiater tersebut, adik saya menderita obsesif-komulsif. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apakah yang disebut penyakit obsesif-kompulsif ?
2. Apa penyebabnya dan apakah bisa disembuhkan ?

Farid Ubay, Jakarta Selatan

Jawaban :

Obsesif-kompulsif berarti suatu tindakan yang dikuasai pikirannya untuk mengikuti ururtan-urutan tertentu. Biasanya penderitanya gelisah. Dia melakukan sesuatu yang sebenarnya dia tidak tahu mengapa dia kerjakan.

Dia membuat urutan-urutan dalam melakukan sesuatu. Misalnya orang yang mandi berjam-jam. Sebelum mandi, biasanya dia membuka pakaiannya secara berurutan. Kalau salah, dia kenakan lagi, sampai dia merasa cocok atau sesuai dengan kebiasaannya. Kemudian, sesudah membuka pakaiananya memakan waktu yang lama, mandinya pun dia harus ingat urutan-urutannya lagi, misalnya menggunakn gayung dari kiri atau kanan. Begitu pula ketika kembali mengenakan pakaiananya, dia juga harus ingat urutan-urutannya. Jika sampai lupa, dia akan melepasnya dan mengenakannya kembali. Penyakit ini memang membuat pengidapnya sangat menderita.

Contoh lain, ada seorang bapak. Biasanya sebelum pergi ke kantor dia mengucapkan doa tertentu. Suatu ketika dia lupa mengucapkannya, dan dia baru teringat dalam perjalanan dengan menggunakan bis. Kemudian dia turun dari bis itu, pulang kembali ke rumah, hanya untuk mengucapkan doa tersebut.

Penyebanya pada setiap orang tidak bisa disamakan. Faktor genetik juga bisa mempengaruhi. Penderitanya tidak berbahaya, hanya menyusahkan. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara dibawa ke dokternya, karena yang dicari adalah latar belakang kehidupannya dan pengalaman hidupnya. Pengalaman hidup masa kecil yang keras berpengaruh pada perkembangan jiwanya ■

Sumber : Konsultasi Agama , MIMBAR UMMAT, Jumat, 30 Juni 2000 / 27 Rabiul Awal 1421 H

  • Prof. Dr. Zakiah Daradjat, pakar psikologi agama dan kesehtan mental

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, Zakiah Daradjat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s