Lembaga Dakwah Wajib Zakat


Oleh : Ustadz Imron Rosyadi

Ustadz, Alhamdulillah saya diberikan kenikmatan untuk bekerja ( berkhidmat ) kepada ummat melalui sebuah lembaga dakwah.

Lembaga ini setiap bulannya mampu menghimpun dana dari jamaah yang berjumlah cukup besar. Apakah perlu dana tersebut dikeluarkan zakatnya ?

Jawaban :

Sebelum menjawab pertanyaan ini, Saudara sebaiknya menimbang-nimbang aktivitas dari lembaga dakwah yang bersangkutan. Apakah lermbaga tersebut benar-benar menjalankan aktivitas dakwah, atau justru berubah menjadi sebuah perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan ( profit ) ?

Jika lembaga tersebut murni merupakan lembaga non-profit ( nirlaba ), semata-mata didirikan untuk kepentingan dakwah dan ummat, maka dana-dana infak dan shadaqah dari jamaah pada hakikatnya adalah dana infak, sehingga tidak perlu dikeluarkan zakatnya.

Namun jika lembaga dakwah tersebut hanya berupa label, namun hakikatnya adalah perusahaan yang mencari keuntungan, maka dana-dana infak dan shadaqah dari jamaah akan menjadi kas lembaga. Jika telah melebihi nishab ( batas minimal ) dan haul ( 1 tahun ) harus dikeluarkan zakatnya ■

Sumber : Klinik Zakat  ,  Galamedia, Kamis, 25 Agustus 2005 /  20  Rajab 1426

  • Ustadz Imron Rosyadi, Lc , Dewan Syari’ah PKPU Jawa Barat

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Imron Rosyadi, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s