Zakat Gaji Karyawan


Oleh : M Quraish Shihab

Pak Ustadz yang saya hormati,
Bila zakat penghasilan gaji karyawan swasta sudah dikeluarkan 2,5 persen setiap bulan, apakah masih harus dikeluarkan zakat tahunannya ? Apakah zakat tersebut diambil dari gross atau netto setelah dikeluarkan biaya hidup, bayar cicilan, biaya pendidikan anak dll ? Apakah emas yang telah pernah dizakati harus dikeluarkan lagi zakatnya pada tahun berikutnya bila emas tersebut masih ada dan utuh ? Atas jawaban Bapak, saya haturkan terima kasih.

Mohammad Iqbal

Jawaban :

Setiap tahun Anda harus mengeluarkan zakat, dari harta yang telah Anda miliki selama setahun dan nilainya mencapai sekitar 84 gram emas. Ini setelah keluar segala kebutuhan hidup Anda sekeluarga, termasuk hutang dan cicilan yang Anda harus keluarkan, walaupun emas tersebut telah Anda zakati pada tahun-tahun yang lalu. Demikian,  Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 25 Juli 2003 /  25 Jumadil Awal 1424 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M.Quraish Shihab, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Zakat Gaji Karyawan

  1. ina says:

    Pak ustazd yg di muliakan oleh اَللّهُ…
    Saya mau tanya masalah zakat gaji karyawan. Penghasilan saya perbulan sekitar 2,2 juta rupiah. Berapa zakat yg harus saya keluarkan setiap bulannya?
    Apakah saya juga harus mengeluarkan zakat tahunan nya? Kalau YA, berapa persenkah zakat saya tsb? Sedangkan gaji perbulan saya habis untuk kebutuhan.

    Demikian pertanyaan saya.
    Terima kasih pak.

Leave a Reply

