Definisi Setan


Oleh : M Quraish Shihab

Bapak Ustadz , di kalangan masyarakat sering dibicarakan makhluk yang dinamakan setan. Sementara ada juga sebutan seperti gondoruwo, sundel bolong, wewegombel, drakula dll. Apakah nama-nama tersebut juga sebutan untuk setan ? Benarkah gondoruwo itu bisa menyembunyikan orang ?

Atas jawaban Ustadz, saya sampaikan terima kasih.

Huda Pengestu , Semarang

Jawaban :

Setan didefinisikan oleh sebagian ulama sebagai segala yang durhaka dan mengajak kepada kedurhakaan, bagi manusia maupun jin ( makhluk halus ).

Saya memperoleh kesan dari sekian ayat Al-Quran dan Hadis bahwa kata setan, tidak terbatas pada manusia atau jin, tetapi juga dapat berarti pelaku sesuatu yang buruk atau tidak menyenangkan, atau sesuatu yang buruk dan tercela. Al-Quran menamai ular, setan sebagimana firman-Nya ketika menjelaskan satu pohon di neraka.

Kata setan dewasa ini telah menjadi lambang kejahatan dan keburukan. Karena itu, pemimpin spiritual Iran Almarhum Ayatullah Khomeini, menamai salah satu negara adi daya sebagai Asy-Syaithan al-Akbar ( setan terbesar ).

Jin ada juga yang sebagaian anggota masyarakatnya menjadi setan. Jenis makhluk Allah ini , memiliki kemampuan antara lain mengarungi angkasa, berbentuk dengan aneka bentuk serta dapat melakukan hal-hal yang berat.

Saya tidak tahu apa yang dimaksud dengan kata-kata lain yang Anda tanyakan, namun jika kita memahami kata setan sebagai lambang kejahatan, maka bisa jadi hal-hal tersebut adalah setan-setan juga. Apakah gondoruwo bisa menyembunyikan orang atau tidak, tidak dapat dipastikan. Yang pasti adalah siapa yang dekat kepada Tuhan dan memohon perlindungan-Nya, maka ia akan ditakuti setan sehingga setanlah yang akan menjauh darinya. Demikian. Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 20 Februari 2004 /  29 Dzulhijjah 1424 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s