Hari Jelek Menurut Islam


Oleh : M Quraish Shihab

  1. Apakah hari Sabtu dan Selasa merupakan hari jelek menurut Islam, sehingga kita tidak diperkenankan mengadakan acara syukuran dan pernikahan pada hari-hari itu ?
  2. Bagaimana kedudukan para wali penyebar agama Islam di Indonesia?  Apakah kita wajib mengikuti ajarannya dan bagaimana hukumnya kalau kita berziarah ke makamnya dengan tujuan mencari berkah ?

Terima kasih.

Mutiara Hasan

Jawaban :

  1. Islam tidak mengenal hari sial/jelek. Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah berfirman,”Janganlah mencerca masa karena Akulah ( yang mengendalikan ) masa”.
  2. Yang wajib kita ikuti adalah tuntunan Allah dan Rasul-Nya.Karena itu jika ajaran para wali tersebut sejalan dengan apa yang diwajibkan Allah, maka wajib pula mengikutinya, dan jika sunnah maka sunnah pula mengikutinya. Namun, Anda harus menyadari bahwa yang Anda ikuti bukan pendapat sang wali, tetapi tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Tidak ada halangan seseorang menziarahi kuburan para wali, tetapi jangan berdoa kepadanya atau memohon sesuatu darinya. Mohonlah kepada Allah kiranya Anda memperoleh pertolongan dan berkah-Nya. Demikian,  Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 31 Oktober 2003 /  5 Ramadhan 1424

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, M.Quraish Shihab and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s