Amalan untuk Almarhum


Oleh : M Quraish Shihab

Pak Quraish Yth, amalan-amalan apakah yang paling baik dilakukan untuk meringankan beban orang tua yang sudah meninggal ? Apakah membaca Al-Quran dapat menjadi salah satunya ?

Terima kasih atas penjelasan Bapak.

Rismeita , Jakarta

Jawaban :

Nanda Rismeita, yang paling baik adalah berdoa kepada Allah agar almarhum diampuni dosa-dosanya. Al-Quran antara lain mengajar kita agar berdoa untuk siapapun yang beriman dan telah mendahului kita, dan tentu termasuk orang tua. Rasul SAW pun menegaskan bahwa doa anak kepada orang tuanya adalah satu dari tiga  amal jariah.

Membaca Al-Quran, demikian juga bersedekah diharapkan dapat mendukung doa anak. Dalam sebuah hadis dinyatakan bahwa Al-Fatihah sesuai dengan niat pembacanya. Karena itu seringkali doa – termasuk kepada orang tua – didahului atau diakhiri dengan membaca surah Al-Fatihah. Allah juga menganjurkan / memuji orang-orang yang mengakhiri doanya dengan bacaan hamdallah, ( baca QS Yunus [10]: 10 )  yaitu Alhamdu Lillahi Rabbil ‘Alamin.

Memang ulama berbeda pendapat tentang sampai tidaknya ganjaran bacaan Al-Quran kepada yang telah meninggal dunia, namun demikian amalan-amalan baik – termasuk membaca Al-Quran — dapat menjadi pendukung utama bagi termakbulnya doa seseorang.  Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab , Dialog Jumat, Republika, Jumat, 19 Maret 2004 / 27 Muharram 1425

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Fiqih, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s